Jelang Muktamar NU, Perlukah Regenerasi Kepemimpinan PBNU?

Kompas.com - 09/10/2021, 13:08 WIB
KH Said Aqiel Siraj (kiri) dan Yahya Cholil Staquf. Dok Kompas.comKH Said Aqiel Siraj (kiri) dan Yahya Cholil Staquf.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama akan digelar di Lampung, 23-25 Desember 2021.

Sejumlah figur mulai muncul di publik menjelang hajat besar organisasi Islam yang menjadi aset penting bangsa ini.

Figur-figur tersebut dua di antaranya cukup santer, yakni petahana Ketua Umum PBNU KH Said Aqiel Siraj dan KH Yahya Cholil Staquf.

Said yang sudah dua kali menjabat ini akan kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum PBNU. Masa jabatan ketua umum PBNU ini memang secara eksplisit tidak dibatasi dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Dilansir Kompas.id, Said disebut akan mencalonkan diri di forum tertinggi NU itu berdasarkan dorongan dari sejumlah kader, di antaranya Tuan Guru Haji (TGH) L Turmudzi Badaruddin, pimpinan Pesantren Qomarul Huda, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Said dianggap mampu membawa NU disegani di kancah dunia. Said juga disebut salah satu tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Niat KH Said untuk mencalonkan kembali juga dipertegas saat ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu (6/10/2021).

Said mengaku sudah banyak dorongan baik dari pengurus maupun tokoh dan kader untuk kembali menjadi ketua umum PBNU.

Baca juga: Survei Bursa Caketum PBNU, Peluang Said Aqil, Gus Baha, dan Marzuki Mustamar...

Sementara KH Yahya Cholil Staquf juga digadang-gadang mencalonkan diri menjadi Ketum PBNU pada perhelatan Muktamar Ke-34 NU di Lampung.

Yahya menyatakan ada dua hal yang ingin dikembangkan untuk organisasi NU. Pertama adalah membangun sistematika agenda dalam organisasi. Lalu kedua memperkenalkan wawasan khidmah pelayanan inklusif.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.