Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Seputar Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U23 2022

Piala AFF U23 2022 dijadwalkan berlangsung dari 14-26 Februari 2022. Timnas U23 Indonesia sendiri, sedianya akan bertolak ke Kamboja pada Jumat (11/2/2022) siang dengan menggunakan pesawat carter.

Namun, alih-alih berangkat, PSSI memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan timnas Indonesia di Piala AFF U23 tahun ini. Bukan tanpa alasan PSSI memilih untuk tidak memberangkatkan timnas Indonesia ke Kamboja.

Dua alasan utama yang mendasari keputusan ini adalah banyaknya pemain yang terkena Covid-19 dan cedera. Akibatnya, ketersediaan pemain dalam skuad Garuda Muda pun kian menipis.

Berikut 5 fakta timnas Indonesia batal ikut Piala AFF U23 2022:

1. 7 pemain terkena Covid-19

Bukan hanya 1 atau 2 pemain dalam skuad Garuda Muda saja yang positif terpapar Covid-19. Total ada 7 pemain yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka adalah:

  • Ronaldo Joybera R Junior
  • Muhammad Ferrari
  • Braif Fatari
  • Taufik Hidayat
  • Irfan Jauhari
  • Achmad Figo Ramadhani
  • Cahya Supriyadi.

2. Empat pemain masih diinkubasi

Di luar 7 pemain yang dinyatakan positif Covid-19, masih ada 4 pemain lainnya yang harus menjalani masa inkubasi. Hal itu karena 4 pemain ini berada dalam satu kamar dengan mereka yang terpapar Covid-19. Keempat pemain itu yakni:

3. Tiga pemain alami cedera

Selain badai Covid-19, cedera juga melanda sejumlah pemain di skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut. Ada tiga pemain yang harus menepi lantaran mengalami cedera saat memperkuat klubnya di pergelaran Liga 1 2021-2022.

Ketiga pemain tersebut yakni:

  • Gunansar Mandowen
  • Ramai Rumakiek
  • Muhammad Iqbal

4. Hanya tersisa 1 Kiper

Badai Covid-19 dan cedera yang melanda timnas U23 Indonesia, menyebabkan ketersediaan pemain di skuad Garuda Muda makin menipis. Salah satunya posisi yang terdampak adalah penjaga gawang.

Akibat Cahya Supriyadi yang terpapar Covid-19, saat ini timnas Indonesia hanya menyisakan satu orang kiper, yakni Muhammad Riyandi. Akan tetapi, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari.

Sementara itu kiper lainnya yang masuk ke dalam daftar panggil Shin Tae-yong yakni Muhammad Adi Satryo, pada Kamis (10/2/2022), masih memperkuat klubnya, Persik Kediri dalam laga Liga 1 melawan Persipura.

Sedianya, ia akan bergabung dengan skuad timnas U23 Indonesia selepas pertandingan tersebut.

5. Permintaan dari Shin Tae-yong

Pengunduran diri timnas Indonesia dari ajang Piala AFF U23 2022 merupakan permintaan dari pelatih Shin Tae-yong.

Melihat kondisi skuadnya yang tidak optimal karena banyak pemain yang terpapar Covdi-19 dan mengalami cedera, pelatih asal Korea Selatan itu mengirim surat ke PSSI dan mengusulkan untuk membatalkan partisipasi Indonesia di Piala AFF U23 2022.

Bahkan Shin Tae-yong sendiri juga sempat mengungkapkan bahwa dirinya sedang tidak enak badan. Dia mengungkapkan kondisi tersebut saat ditanya soal target timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022.

"Saya belum bisa menjelaskannya seperti apa (soal target). Saya sendiri juga sedang tidak enak badan," ujar Shin Tae-yong, Kamis (10/2/2022).

Usulan dari Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI. PSSI mengadakan diskusi bersama Shin Tae-yong untuk membahas keikutsertaan timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022.

Selain Shin Tae-yong, diskusi tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

Setelah berdiskusi, PSSI akhirnya resmi memutuskan untuk tidak mengikutsertakan timnas Indonesia pada Piala AFF U23 2022 di Kamboja.
"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Yunus Nusi.

(Sumber:Kompas.com/Ahmad Zilky, Benediktus Agya Pradipta | Editor: Ferril Dennys)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/02/12/064500181/5-fakta-seputar-timnas-indonesia-batal-ikut-piala-aff-u23-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke