Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 5 Negara yang Jadi Pusat Kasus Omicron, Termasuk Singapura

Saat ini, ada lima negara yang menjadi pusat kasus Omicron terbaru dengan angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Seperti diketahui, Covid-19 varian Omicron pertama kali terdeteksi di wilayah Afrika Selatan.

Varian Omicron kemudian menyebar ke negara-negara lain, termasuk di Eropa, Asia, hingga Australia. Seperti diberitakan Kompas.com (8/1/2022), berikut ini adalah lima negara pusat Omicron terbaru.

1. Turki

Turki mengalami lonjakan kasus infeksi yang disebabkan varian Omicron. Pada Kamis (6/1/2022), negara perbatasan Asia dan Eropa itu mencatat penambahan kasus hingga 68.413.

Dilansir dari Reuters, kasus Omicron di Turki meningkat lebih dari dua kali lipat hanya dalam waktu seminggu dan varian Omicron telah menjadi strain dominan di negara tersebut.

Pemerintah setempat belum mengambil langkah pembatasan baru, tapi mendesak warganya untuk segera mendapatkan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Kendati demikian, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca menegaskan tak ada kenaikan kasus Covid-19 yang mengkhawatirkan dalam tingkat rawat inap di rumah sakit.

Masyarakat diimbau untuk tidak berkerumun dan menghindari tempat-tempat ramai, lokasi tanpa ventilasi, dan pertemuan-pertemuan yang melibatkan orang banyak. Selain itu, Turki memperbarui masa karantina untuk kasus positif selama 7 hari.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara dengan kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia. Namun menjelang akhir tahun 2021, varian Omicron telah menjadi strain paling menular dan menyumbang sekitar 59 persen dari kasus Covid-19 di negeri Paman Sam.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, varian Omicron sangat mudah menular dan telah memicu lonjakan baru secara nasional.

CDC memperkirakan, varian Omicron atau B.1.1.529 terdeteksi pada sekitar 95,4 persen dari semua kasus baru pada 26 Desember 2021-1 Januari 2022.

Varian Omicon merupakan mayoritas kasus di setiap wilayah AS, dengan persentase kasus tertinggi terjadi di New York dan New Jersey.

3. Singapura

Berikutnya ada negara tetangga, Singapura. Omicron telah memicu lonjakan kasus Covid-19 di Singapura beberapa waktu terakhir ini.

Pada Rabu (5/1/2022), Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan, varian Omicron menyumbang hampir 20 persen dari kasus lokal.

Melansir CNA, Direktur layanan medis Kementerian Kesehatan Kenneth Mak menuturkan, dalam skenario terburuk, infeksi Covid-19 di Singapura dapat mencapai 15.000 sehari.

Adapun jumlah harian kasus baru telah melonjak sejak 3 Januari lalu mencapai 813 kasus pada 5 Januari 2022, dengan 365 kasus di antaranya merupakan kasus Omicron.

4. India

Selanjutnya ada India. Negara ini pernah mengalami gelombang Covid-19 yang sangat besar pada awal 2021 lalu disebabkan oleh varian Delta.

Namun saat ini, India tengah menghadapi lonjakan kasus corona yang disebabkan oleh varian Omicron. Beban kasus negara mencakup 3.007 kasus varian Omicron, dengan sebanyak 1.199 orang telah pulih.

Menurut Indianexpress, kasus terkonfirmasi positif Omicron yang dilaporkan di Delhi tidak ada yang membutuhkan oksigen tambahan atau ventilator, atau masuk ICU. Berdasarkan data yang dihimpun, sejauh ini belum ada kasus kematian akibat Omicron.

5. Australia

Terakhir ada Australia. Negeri ‘Kanguru’ melaporkan rekor 47.816 kasus baru Covid-19 pada 3 Januari 2022, saat varian Omicron yang sangat menular menyebar dengan cepat.

Selain itu, sejak awal pandemi dilaporkan rawat inap tertinggi sebanyak 2.682 kasus. Meningkatnya kasus secara signifikan membebani tempat pengujian negara ini, menyebabkan kurangnya stok dan waktu tunggu yang lama untuk hasil.

Australia telah melaporkan kasus kematian pertama akibat Omicron pada 27 Desember 2021. Reuters melaporkan, kematian terjadi pada pria berusia 80 tahun dengan komorbid atau penyakit bawaan.

Disebutkan bahwa pria ini tertular virus di fasilitas perawatan lanjut usia dan meninggal di rumah sakit Sydney. Sejauh ini, pihak berwenang tidak memberikan rincian tambahan mengenai kematian kasus Omicron di Australia tersebut.

(Sumber:Kompas.com/Mela Arnani | Editor: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/01/09/150000981/daftar-5-negara-yang-jadi-pusat-kasus-omicron-termasuk-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke