Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Jawab Soal Fisika yang Viral, Seorang YouTuber Sewa Helikopter

KOMPAS.com - Derek Muller, YouTuber pemilik channel pendidikan bernama "Veritasium", menyewa helikopter agar dapat menjawab soal fisika yang viral.

Pertanyaan yang hendak dijawab Muller adalah pilihan ganda nomor 19 yang berasal dari soal ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014.

Pertanyaan tersebut menjadi viral karena banyak orang tidak sepakat dengan jawabannya yang benar.

Pertanyaan dari soal Fisika tersebut, yakni:

Sebuah helikopter terbang secara horizontal dengan kecepatan yang konstan. Sebuah kabel yang sangat fleksibel digantung di bawah helikopter. Gesekan udara pada tali tidak dapat diabaikan. Manakah dari diagram berikut yang paling menunjukkan bentuk kabel saat helikopter terbang ke arah kanan di udara?

Sementara pilihan ganda dari pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

A. Tali membentuk pola lurus ke bawah

B. Tali membentuk pola diagonal ke arah kiri

C. Tali membentuk pola melengkung ke arah kiri, mirip huruf "J"

D. Tali membentuk pola melengkung ke arah kanan, mirip huruf "J" terbalik

E. Tali membentuk pola melengkung seperti huruf "S".

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (8/11/2021), Muller pun mengunggah video yang menampilkan upayanya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Video berdurasi hampir 13 menit itu sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Dalam video tersebut pun Muller terlihat menaiki helikopter untuk melakukan eksperimen langsung.

Akan tetapi, sebelum membeberkan jawaban yang tepat berdasarkan eksperimennya, Muller mengadakan polling di YouTube agar para subscriber-nya bisa menebak jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut.

"Ternyata, jawaban paling umum adalah pilihan C (40 persen)," ujar Muller. Selain "C", opsi jawaban yang paling banyak dipilih subscribers Muller adalah "B" (25 persen) dan "D" (21 persen), sedangkan opsi A dan E dipilih oleh 8 persen dan 7 persen responden.

Lantas, jawaban mana yang tepat berdasarkan percobaan Muller?

Jawaban benar

Muller menggunakan tali tambang yang kerap ditemui di pusat kebugaran (gym), sepanjang 15 meter dengan bobot keseluruhan 20 kg.

Saat helikopter sudah mengudara, tali tambang itu diturunkan hingga menjuntai ke bawah, kemudian helikopter yang dinaiki Muller pun melaju ke arah kanan dengan kecepatan konstan sesuai pertanyaan tersebut.

Hasilnya, tali tambang membentuk garis lurus diagonal ke arah kiri. Oleh karena itu, jawaban yang benar dari pertanyaan viral itu adalah "B".

Jawaban dari percobaan yang dilakukan Muller itu sama seperti jawaban asli dari soal tersebut.

Menurut lembar solusi yang diunggah di laman resmi American Association of Physics Teachers (AAPT), jawaban yang benar dari pertanyaan nomor 19 itu adalah "B".

AAPT menjelaskan, adanya gesekan udara pada tali maka harus ada gaya dari komponen horizontal (tempat kabel diikat di helikopter).

"Jumlah gesekan udara sebanding dengan setiap titik panjang tali yang tergantung ke bawah helikopter, maka kabel akan tergantung pada garis lurus diagonal," jelas AAPT.

Sederhananya, tali akan membentuk diagonal lurus karena bagian atasnya diikat di komponen tertentu, sedangkan seluruh bagian tali yang dijatuhkan ke bawah terpengaruh oleh hambatan udara yang sebanding.

Tali membentuk diagonal lurus ke arah kiri, karena helikopter bergerak ke arak sebaliknya. Hal ini sejalan dengan gaya yang ditimbulkan oleh udara alias hambatan udara (air resistance).

Gaya tersebut bekerja dalam arah yang berlawanan dengan benda yang bergerak di udara.

(Penulis: Galuh Putri Riyanto | Editor: Reza Wahyudi)

Sumber: KOMPAS.com

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/11/13/190000581/demi-jawab-soal-fisika-yang-viral-seorang-youtuber-sewa-helikopter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke