Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan, Bisa Bantu Redakan Stres

Menurut Psikolog sekaligus spesialis gangguan tidur, Michelle Drerup, manfaat tidur siang yakni dapat membantu kita menjadi lebih rileks, energik, dan fokus.

“Tidur siang dapat membantu kita merasa sedikit lebih energik, fokus, dan rileks," kata Michelle Drerup, dikutip dari berita Kompas.com (17/9/2021).

Namun itu tidak serta merta membuat semua tidur siang bisa bermanfaat bagi tubuh. Tidur siang dalam jangka waktu terlalu lama malah bisa menimbulkan gangguan tidur di malam hari.

Karena itu, gunakan waktu tidur siang secara tepat agar manfaat yang didapatkan terasa optimal.

Manfaat tidur siang

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, berikut ini adalah manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh:

  • Meredakan stres

Manfaat tidur siang yang pertama adalah dapat meredakan stres. Tak hanya itu, tidur siang bahkan dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Sebut studi menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi dengan lebih baik.

  • Meningkatkan kinerja

Manfaat tidur siang yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kinerja. Contohnya pada saat kita tidur setelah larut malam, tidur siang sejenak dapat menghilangkan rasa kantuk.

Namun ini bukan berarti untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal kita harus tidur malam di waktu yang larut. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan kemampuan penalaran yang logis.

  • Meningkatkan daya ingat atau memori

Manfaat tidur siang yang ketiga adalah membantu meningkatkan daya ingat. Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mempelajari tugas-tugas baru, bisa mengingatnya lebih baik setelah tidur siang singkat.

Sementara salah satu studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam mampu mengingat informasi baru lebih baik daripada orang yang tidak tidur siang.

Sedangkan dilansir dari Mayo Clinic, beberapa manfaat yang diperoleh dari tidur siang, antara lain sebagai berikut:

Durasi tidur siang yang baik

Tidur siang memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun perlu diingat bahwa tidur siang dapat bermanfaat jika durasinya tidak berlebihan.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya berapa lama waktu tidur siang yang baik. Karena terlalu lama tidur siang pun dapat menyebabkan sulit tidur di malam hari.

Dilansir dari Sleep, waktu tidur siang yang baik tidak lebih dari 30 menit, cukup 10-20 menit saja. Mengapa demikian? Hal itu karena tidur siang lebih dari 30 menit membuat tubuh bersiap memasuki fase tidur lelap.

Jika sudah memasuki fase tidur lelap, bisa dipastikan tidur bakal berlangsung lama, bahkan bisa berjam-jam. Kondisi demikian akan mengakibatkan waktu tidur malam terganggu.

Bukan itu saja , orang yang tidur siang terlalu lama kemudian dipaksa bangun dalam kondisi yang masih mengantuk, bisa menyebabkan sakit kepala ketika bangun dari tidurnya karena waktu tidurnya yang dirasa belum tuntas.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, tidur siang berkualitas adalah tidur di waktu yang tepat dan lamanya sudah pas sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

(Sumber:Kompas.com/Ryan Sara Pratiwi | Editor: Wisnubrata)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/10/12/130300081/manfaat-tidur-siang-bagi-kesehatan-bisa-bantu-redakan-stres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke