Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Marty Natalegawa, Menlu Era SBY yang Jadi Eks Menteri Favorit Warganet

Kompas.com - 24/01/2024, 17:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosok Marty Natalegawa, mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuai sorotan sejumlah warganet.

Sorotan terhadap Marty Natalegawa bermula dari sejumlah warganet media sosial X yang memilih sosoknya sebagai mantan menteri favorit.

Akun @kyeomiepatootie misalnya, memilih mantan menteri favorit Marty Natalegawa karena pilihan kacamatanya yang patut diacungi jempol.

"My pick for a former minister, his selections for glasses are chef's kiss (pilihan saya untuk mantan menteri, pilihan kacamatanya adalah chef's kiss)," tulisnya, Senin (22/1/2024) petang.

Pengguna lain dengan akun @LiongkyTan pun membalas dan menyebut bahwa Marty adalah menteri paling ikonik karena selalu rapi dalam segala kondisi.

Hal tersebut ditunjukkan dari sebuah foto yang menampilkan Marty di tengah banjir mengenakan jas lengkap dengan celana digulung.

Di sebelahnya, Presiden SBY tampak lebih santai dengan mengenakan kaus biru pendek dan celana yang juga digulung.

"Menteri Paling Iconic.. tetap on point di segala kondisi," tulis pengunggah, Selasa (23/1/2024).

Lantas, siapa itu Marty Natalegawa?

Baca juga: Sosok Tom Lembong yang Disebut Gibran Saat Debat Keempat Pilpres


Profil Marty Natalegawa

Marty Natalegawa, bernama lengkap Raden Mohammad Marty Muliana Natalegawa adalah eks Menlu di masa kepemimpinan periode kedua Presiden SBY.

Dikutip dari laman Kepustakaan Presiden, Marty Natalegawa mulai dipercaya mengisi jabatan strategis sejak masa pemerintahan Presiden SBY.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 22 Maret 1963 ini merupakan bungsu dari pasangan Sonson Natalegawa dan Siti Komariyah Natalegawa.

Marty kecil menyelesaikan pendidikan dasar di SD Kris Jakarta pada 1974. Setelah lulus, orangtuanya memboyong Marty ke Singapura untuk bersekolah di Singapore International School.

Tak sampai tamat, dia pindah ke sekolah asrama setingkat sekolah menengah pertama, Ellesmere College and Concord Collage di Inggris dan lulus pada 1981.

Di negara ini Marty menuntaskan pendidikannya hingga jenjang master. Dia meraih gelar sarjana Hubungan Internasional di London School of Economics and Political Sciences, University of London pada 1984.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com