Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah dan Asal-usul 1 Januari Dijadikan Awal Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2023, 18:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal tahun baru diperingati setiap 1 Januari. Selain itu, setiap negara di dunia juga memiliki caranya tersendiri dalam merayakan tahun baru.

Namun, tahukah Anda bahwa selama berabad-abad tahun lalu, ada tanggal lain selain 1 Januari yang menandai dimulainya tahun baru.

Dilansir dari Britannica, tanggal-tanggal yang dulunya diperingati sebagai awal tahun yaitu 25 Maret dan 25 Desember.

Lantas, bagaimana sejarah 1 Januari bisa ditetapkan menjadi awal tahun baru masehi?

Baca juga: 50 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024, Penuh Doa dan Harapan Baru


Sejarah 1 Januari jadi awal tahun baru

Dikutip dari National Geographic, tahun baru Romawi awalnya bertepatan dengan titik balik musim semi.

Kalender Romawi awal diketahui terdiri dari 10 bulan dan 304 hari, dengan setiap tahun baru dimulai pada titik balik musim semi. Menurut tradisi, kalender diciptakan oleh Romulus, pendiri Roma, pada abad kedelapan SM.

Namun, selama berabad-abad, kalender menjadi tidak sinkron dengan matahari, dan pada tahun 46 SM kaisar Julius Caesar memutuskan untuk memecahkan masalah tersebut dengan berkonsultasi dengan para astronom dan matematikawan paling terkemuka pada masanya.

Dia lalu memperkenalkan kalender Julian, kalender berbasis matahari yang sangat mirip dengan kalender Gregorian modern yang digunakan sebagian besar negara di dunia saat ini.

Sebagai bagian dari reformasinya, Caesar menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama tahun tersebut. Penetapan tanggal ini sebagian untuk menghormati nama bulan tersebut: Janus.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 1 Januari 2007, AdamAir Jatuh di Selat Makassar

Januari dari Dewa Janus

Janus adalah dewa perubahan dan permulaan Romawi, yang kedua wajahnya memungkinkan dia untuk melihat kembali ke masa lalu dan maju ke masa depan. Ide ini menjadi terikat dengan konsep transisi dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Bangsa Romawi merayakan tanggal 1 Januari dengan mempersembahkan kurban kepada Janus dengan harapan mendapatkan keberuntungan di Tahun Baru.

Mereka juga mendekorasi rumah mereka dengan cabang pohon salam dan menghadiri pesta yang meriah.

Hari perayaan Tahun Baru ini dipandang sebagai hari persiapan untuk 12 bulan ke depan. Pada hari ini merupakan hal biasa bagi teman dan tetangga untuk mengawali tahun dengan positif dengan saling bertukar ucapan selamat dan hadiah berupa buah ara dan madu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com