Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Andrew Ngai, Sang Juara Piala Dunia Microsoft Excel 2023

Kompas.com - 29/12/2023, 16:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Andrew Ngai, pria asal Sydney, New South Wales, Australia kembali menjadi kampiun dalam Kejuaraan Dunia Microsoft Excel.

Pria ini mulai berkompetisi dalam Microsoft Excel World Championship pada 2018 dan langsung menjadi juara, diikuti tahun selanjutnya.

Pada kompetisi tahun ini yang digelar pada 9 Desember 2023 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Ngai kembali mengantongi gelar juara ketiga kalinya.

Dilansir dari ABC News, Microsoft Excel World Championship adalah kompetisi tingkat dunia yang menampilkan para pengolah data untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan spreadsheet Excel.

Baca juga: Cerita Penyintas Stroke, Bangkit dari Kelumpuhan untuk Taklukkan Lari 10K

Menjadi bagian dari olahraga elektronik atau esport, kompetisi yang digelar oleh Financial Modeling World Cup ini turut meliputi bidang matematika, pemodelan keuangan, serta permainan papan dan kartu.

Pemain dengan poin paling sedikit akan dieliminasi satu per satu, hingga menemukan pemenangnya.

"Ini cukup intens karena hanya berlangsung setengah jam untuk setiap kasus, jadi waktu berjalan cukup cepat," kata Ngai yang dijuluki Andrew "The Annihilator" Ngai alias pemusnah ini.

"Orang-orang tersingkir, Anda menyalip orang-orang sepanjang setengah jam, jadi akan sangat menarik melihat skor naik dan turun," lanjutnya.

Ngai mengaku mendapatkan banyak hadiah dari kompetisi ini, termasuk hadiah uang sebesar 3.000 dollar AS atau setara Rp 46,35 juta, sebuah piala, serta sabuk juara ala pegulat.

"Tentu saja rasanya menyenangkan," ungkapnya.

Baca juga: 5 Trik Tersembunyi di Microsoft Excel, Bikin Kerja Jadi Cepat

 

Rahasia kemenangan Andrew Ngai

Andrew Ngai menuturkan, profesinya menuntut untuk menggunakan Microsoft Excel dalam kegiatan sehari-hari.

Sebagai seorang aktuaris atau seseorang yang menyusun serta menganalisis data statistik untuk menghitung hal-hal seperti risiko asuransi, dia pun pandai dan terbiasa dengan angka.

Dikutip dari The Guardian, pria berusia 36 tahun ini juga menjadi yang terbaik di negara bagian New South Wales dalam ujian matematika kelas 12.

"Saya pandai dalam hal angka. Sebelum saya mengikuti kompetisi Excel, saya sudah menggunakan Excel selama lebih dari satu dekade, jadi hal itu tentu saja membantu saya dalam kompetisi ini," ujarnya.

Baca juga: Cerita Yosua Jadi Rangda Bali di Jepang, antara Keren dan Menakutkan

Sejak lulus dari universitas, Ngai mendapat gelar di bidang studi aktuaria dan menggunakan Excel setiap hari untuk bekerja.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com