Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2023, 12:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing Toyger adalah ras kucing berbulu pendek berukuran sedang, berpola seperti harimau, dan termasuk ras langka.

Ras ini dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1980-an dan memiliki daya tarik karena penampilannya yang seperti harimau liar. Meski demikian, tidak ada gen harimau dalam DNA mereka.

Mereka adalah kucing yang ramah dan santai dengan temperamen dan kepribadian yang ideal sebagai kucing peliharaan.

Kucing Toyger bisa menjadi teman peliharaan yang baik untuk keluarga yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan lainnya.

Mereka cukup cerdas, sehingga mudah dapat dilatih atau diajari melakukan trik-trik tertentu.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Ragamuffin, Berikut Sejarah dan Ciri-cirinya


Sejarah kucing Toyger

Kucing Toyger merupakan hasil persilangan kucing Bengal dengan ras shorthair domestik bercorak tabby.

Dilansir dari laman Cats.com, ras Toyger dikembangkan oleh peternak Judy Sugden dari EEYAA cattery California pada akhir 1980-an.

Tujuannya untuk menghasilkan kucing dengan ciri-ciri seperti harimau, seperti bulu oranye tua hingga merah kecokelatan, dengan garis-garis di tubuh dan wajah yang tampak liar.

Dengan bantuan seekor kucing shorthair domestik dan seekor kucing Bengal, program pembiakan Toyger berjalan dengan baik.

Baca juga: 8 Kelakuan Manusia yang Tidak Disukai Kucing

Pada 1993, Sugden mulai mengimpor seekor kucing dari Kashmir, India, dengan ciri khas bercak yang tidak biasa di antara telinganya dan memasukkannya ke dalam kolam penangkaran.

Peternak perintis lain, Anthony Hutcherson dan Alice McKee, bergabung dengan proyek Sugden pada akhir tahun itu dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan resmi.

Pada tahun yang sama, Asosiasi Kucing Internasional (TICA) hanya menerima ras kucing Toyger dan pada 2007 mendaftarkannya sebagai ras untuk kejuaraan.

Baca juga: Fakta Kucing Memiliki Lebih dari 200 Ekspresi Wajah

Karakteristik kucing Toyger

Ilustrasi ciri-ciri kucing Toyger.Shutterstock/Kutikova Ekaterina Ilustrasi ciri-ciri kucing Toyger.

Tubuh kucing Toyger cenderung lebih besar dan panjang dibandingkan kucing pada umumnya, jika anatominya dilihat secara proporsional.

Dilansir dari laman Daily Paws, ras ini memiliki tulang besar dan bahu tinggi, yang membuat mereka memiliki gaya berjalan yang familier seperti kucing liar besar.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com