Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 12:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Manx adalah ras kucing unik yang tidak memiliki ekor. Mereka dikenal berwatak lembut, sederhana, dan memiliki kemampuan berburu yang baik.

Meski lebih dikenal sebagai ras kucing tanpa ekor, Manx sebenarnya terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan kondisi ekornya, yakni:

  • Rumpy (rumpie), tidak memiliki ekor sama sekali.
  • Riser atau rumpy riser, memiliki benjolan tulang rawan di bawah bulunya.
  • Stumpy (stumpie), lahir dengan sebagian ekor sisa tulang belakang.
  • Stubby (stubbie), atau berekor pendek, memiliki hingga sekitar setengah ekor kucing rata-rata.
  • Longy (longie) atau taily (tailie). panjang ekor setengah hingga normal.

Namun umumnya, dalam kompetisi hanya kategori rumpies hingga stumpies yang berhak ditampilkan. Itulah mengapa jenis tanpa ekor sama sekali yang lebih populer.

Baca juga: 10 Ras Kucing Paling Langka, Ada Anggora, Sphynx, dan Devon Rex


Sejarah singkat ras Manx

Dilansir dari laman Cats.com, ras kucing Manx berasal dari Pulau Man yang terletak di Laut Irlandia.

Seperti semua kucing domestik, Manx adalah keturunan kucing liar Afrika (Felis lybica). Dan kucing domestik pertama yang tiba di Pulau Man mungkin memiliki ekor yang panjang.

Namun, satu atau lebih pasti membawa gen dominan yang menyebabkan mutasi alami dan menghasilkan ras tidak berekor.

Baca juga: Mengenal Ras Donskoy, Kucing Unik Tanpa Bulu Asal Rusia

Mutasi spontan yang menyebabkan kucing Manx lahir tanpa ekor menjadi lebih umum terjadi di Pulau Man, karena kurangnya keragaman genetik dari waktu ke waktu.

Kucing unik ini pertama kali dipamerkan di cat show pada akhir tahun 1800-an, dan standar ras kucing Manx pertama dikembangkan pada tahun 1903.

Kucing ini menjadi salah satu ras pertama yang diakui secara resmi oleh Cat Fanciers Association. Catatan registri Manx-nya berasal dari tahun 1920-an.

Baca juga: Mengenal Ras Ocicat, Kucing Eksotis Berpenampilan Liar

Karakteristik dan kepribadian

Kucing Manx, ras kucing tanpa ekor.iStockphoto/Aletakae Kucing Manx, ras kucing tanpa ekor.

Dilansir dari laman Daily Paws, kucing Manx memiliki bentuk kepala yang bulat, matanya besar, bulat, dan posisinya agak miring ke arah telinga.

Ciri khas tentu saja kurangnya ekor yang diakibatkan oleh mutasi genetik yang terjadi secara alami. Meski beberapa jenis bisa memiliki sedikit ekor.

Manx memiliki telinga berukuran sedang yang jaraknya lebar, dan posisinya agak ke luar, dengan pangkal lebar yang meruncing ke arah ujung membulat.

Baca juga: Mengenal Kucing Kurilian Bobtail, Si Ekor Pendek Lucu dari Rusia

Kaki belakangnya terlihat lebih panjang, sehingga posisi pantatnya berada di atas bahu depan. Ras ini sering digambarkan "seperti kelinci" dalam gerakan dan penampilannya.

Ras Manx memiliki bulu tebal dan dapat ditemui dalam hampir semua kombinasi warna dan pola. Manx dengan bulu serba putih atau color-pointed menjadi yang paling langka.

Kucing ini juga memiliki kepribadian atau perangai yang positif, mereka mudah bergaul dan bersifat manis.

Baca juga: Apa Maksudnya Ketika Kucing Peliharaan Menjilati Anda?

Meskipun memiliki sifat mandiri yang kuat, kucing Manx setia kepada keluarganya. Secara umum, ras ini cukup sosia, cerdas, dan suka bermain.

Selain itu, Manx juga merupakan pemburu yang baik, yang dulunya digunakan untuk menangkap tikus di kapal dan disukai para petani karena kemampuannya berburu hamanya yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com