Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visi Misi Lengkap Anies-Cak Imin di Pilpres 2024, Apa Saja?

Kompas.com - 22/10/2023, 21:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.comAnies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftarkan diri ke KPU RI sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024, Kamis (19/10/2023).

Perlu diketahui, KPU mewajibkan setiap pasangan capres-cawapres untuk membawa visi dan misi saat pendaftaran.

Diketahui, visi pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) berbunyi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua". Sedangkan misinya diberi nama dengan "8 Jalan Perubahan".

Baca juga: Visi Misi Lengkap Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Apa Saja?

Berikut visi dan misi pasangan capres-cawapres 2024, Anis-Cak Imin:


Baca juga: Cak Imin dan Sejarah Berdirinya Partai Kebangkitan Bangsa...

Visi Anis-Cak Imin

Pasangan yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasdem ini mengusung visi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua".

"Dengan perubahan sebagai dasar gagasan, kami mengusung visi yang merupakan impian jugaan rakyat Indonesia, yakni: Indonesia Adil Makmur untuk Semua," tulis dokumen visi misi pasangan AMIN, dikutip Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Pasangan ini mengaku, alasan pemilihan visi tersebut lantaran mereka melihat adanya ketimpangan yang terjadi di Indonesia.

Visi ini menilai kemakmuran seharusnya dapat dirasakan oleh semua warga negara.

Baca juga: Merunut Akar Konflik Politik Yenny Wahid dan Cak Imin...

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari,  di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.AKBAR NUGROHO GUMAY Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa kemakmuran yang merata menjadi salah satu cara Indonesia agar dapat disegani bangsa-bangsa lain.

Dalam visi pasangan AMIN ini juga disebutkan, kemakmuran harus sejalan dengan pelestarian alam dan lingkungan.

"Karena alam Indonesia adalah warisan generasi masa lalu sekaligus pinjaman generasi masa depan yang harus kita rawat sebaik-baiknya," tulisnya.

Tak hanya itu, pasangan Anies-Cak Imin turut menyinggung perihal kesetaraan terhadap akses layanan publik dan kebebasan berpendapat di muka umum.

"Indonesia di mana setiap anak bangsa mendapat hak dan perlakuan yang sama di depan hukum tanpa terkecuali. Indonesia di mana hak-hak asasi setiap warganya dilindungi oleh negara sebagai tanggungjawab konstitusional," tulis dokumen visi misi AMIN.

"Inilah visi kami yang akan kami wujudkan jika diberi amanah untuk menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029," lanjutnya.

Baca juga: Tanggapan soal Putusan MK dari Jokowi, Gibran, Anies, dan Ganjar

Misi Anis-Cak Imin

Dikutip dari Kompas TV, pasangan Anies-Cak Imin (AMIN) memiliki misi yang mereka sebut sebagai "8 jalan perubahan".

Kedelapan misi tersebut akan dijabarkan dalam bentuk agenda dan program seperti berikut:

  1. Memastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok dan Biaya Hidup Murah melalui Kemandirian Pangan, Ketahanan Energi, dan Kedaulatan Air.
  2. Mengentaskan Kemiskinan dengan Memperluas Kesempatan Berusaha dan Menciptakan Lapangan Kerja, Mewujudkan Upah Berkeadilan, Menjamin Kemajuan Ekonomi Berbasis Kemandirian dan Pemerataan, serta Mendukung Korporasi Indonesia Berhasil di Negeri Sendiri dan Bertumbuh di Kancah Global.
  3. Mewujudkan Keadilan Ekologis Berkelanjutan untuk Generasi Mendatang.
  4. Membangun Kota dan Desa Berbasis Kawasan yang Manusiawi, Berkeadilan dan Saling Memajukan.
  5. Mewujudkan Manusia Indonesia yang Sehat, Cerdas, Produktif, Berakhlak, serta Berbudaya.
  6. Mewujudkan Keluarga Indonesia yang Sejahtera dan Bahagia sebagai Akar Kekuatan Bangsa.
  7. Memperkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara, serta Meningkatkan Peran dan Kepemimpinan Indonesia dalam Kancah Politik Global untuk Mewujudkan Kepentingan Nasional dan Perdamaian Dunia.
  8. Memulihkan Kualitas Demokrasi, Menegakkan Hukum dan HAM, Memberantas Korupsi Tanpa Tebang Pilih, serta Menyelenggarakan Pemerintahan yang Berpihak pada Rakyat.

Baca juga: Daftar Nama Anggota Baja AMIN, Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com