Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Sosok Mitologi Dunia Paling Menyeramkan

Kompas.com - 27/03/2023, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Di dunia ini, terdapat sosok mitologi yang melegenda. Sosok itu ditakuti karena memiliki rupa menyeramkan dan kekuatan luar biasa yang mampu memusnahkan seorang manusia biasa.

Salah satu sosok legenda yang terkenal adalah drakula. Ia adalah tokoh fiksi yang merupakan ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula (1897). Sosok penghisap darah ini diceritakan merupakan bangsa vampir yang lebih modern.

Dalam siniar Tinggal Nama episode “Drakula Haus Cinta [Pt.1]” dengan tautan akses dik.si/TNS5E9, dikisahkan ada penemuan mayat dengan bekas gigitan di leher dan pahanya. Apakah benar itu ulah drakula?

Selain drakula, ada pula sosok mitologi lainnya dari berbagai belahan dunia yang tak kalah menyeramkan. Siapa sajakah mereka?

Banshee

Banshee adalah roh atau peri wanita yang dikenal sebagai pertanda kematian dalam cerita rakyat Irlandia.

Sosoknya digambarkan memiliki kecantikan yang menyilaukan atau berupa nenek tua. Namun, ia memiliki ciri khas, yaitu rambut putih panjang, jubah abu-abu, dan mata merah karena air matanya.

Baca juga: 5 Hewan Paling Mematikan bagi Manusia

Makhluk mitologis ini dikenal sebagai peramal kematian bagi orang-orang yang melihatnya. Sosok ini juga memiliki teriakannya yang memekakan telinga dan mengerikan hingga mampu memengaruhi pikiran seseorang. Saking kerasnya, teriakan mereka bahkan dapat didengar dari jarak yang sangat jauh.

Gashadokuro

Gashadokuro adalah makhluk mitologi asal Jepang berupa kerangka raksasa yang digabungkan dari tulang kerangka manusia. Makhluk ini berasal dari situasi kematian massal, seperti kelaparan, perang, orang yang tidak dapat upacara pemakaman yang layak.

Pendek kata, orang-orang dalam situasi seperti itu tidak dapat melanjutkan hidup setelah kematian. Saat tubuh mereka membusuk, jiwa mereka dipenuhi amarah dan kebencian terhadap manusia yang masih hidup.

Akhirnya, jiwa dan tulang mereka bergabung menjadi satu makhluk besar yang disebut Gashadokuro yang berarti 'kerangka kelaparan'. Dalam mencari korbannya, sosok ini akan berkeliaran di malam hari dengan suara gemertak gigi yang mengerikan.

Setelah menemukan korbannya, ia akan memenggal dan meminum darahnya. Sosok ini pun akan terus meneror sampai kebencian setiap jiwa, yang berada di dalam makhluk itu berkurang, tidak lagi menghidupkan monster kerangka itu.

Kongamato

Monster terbang bernama Kongamato dari Zambia, Angola, dan Kongo digambarkan sebagai reptil terbang yang dikenal sebagai pterosaurus. Sosok ini pertama kali dijelaskan oleh penjelajah Frank Welland pada 1932. Dipercaya, kongamato telah ada sejak pterosaurus ditemukan.

Baca juga: Sering Dikaitkan dengan Mistis, Ini Fakta Menarik Burung Hantu

Cryptid ini hidup di sungai dan rawa dan memiliki lebar sayap yang besar serta tidak berbulu. Ada pula mitos yang mengatakan Kongomato hidup di tempat dengan pencahayaan yang buruk dan tidak mudah diakses.

Lantas, bagaimana kelanjutan kisah sosok mayat yang ditemukan dengan luka gigitan di leher dan pahanya? Apakah benar itu ulah drakula yang menghisap darah korbannya?

Temukan jawabannya dengan mendengarkan siniar Tinggal Nama episode “Drakula Haus Cinta [Pt.1]” dengan tautan akses dik.si/TNS5E9 di Spotify.

Dengarkan juga kisah-kisah mencekam lainnya melalui playlist YouTube Medio by KG Media. Akses sekarang juga episodenya melalui tautan dik.si/TNS5E9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com