Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Madu yang Bisa Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 02/12/2022, 06:32 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu manfaat madu adalah bisa untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Temuan ini cukup mengejutkan, pasalnya madu yang 80 persennya adalah gula justru memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, bahkan bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Dilansir dari Independent, para ahli mengatakan bahwa mengganti pemanis tambahan dengan madu dapat menurunkan risiko penyakit akibat gula berlebih.

Beberapa penyakit tersebut, di antaranya diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Baca juga: 6 Ramuan Herbal untuk Sesak Napas, Mulai dari Madu hingga Jahe


Jenis madu untuk menurunkan gula darah dan kolesterol

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Toronto itu menemukan bahwa konsumsi madu mentah memiliki efek paling positif pada tubuh.

Dampak positif konsumsi madu mentah itu adalah penurunan glukosa darah dan jumlah lipoprotein densitas rendah (kolesterol jahat) dalam darah.

Dilansir dari Medical News Today, madu kemasan pabrik biasanya sudah melalui proses pasteurisasi, sedangkan madu mentah yang langsung diambil dari peternakan tidak mengalami proses tersebut.

Madu kemasan dipasteurisasi untuk kenyamanan, bukan keamanan. Pemrosesan yang ada bertujuan memperlambat granulasi madu yang terjadi secara alami, yang dapat membuat madu lebih sulit untuk dituang dari dalam botol atau kemasannya.

Proses pasteurisasi ini, sayangnya merusak antioksidan yang ada di dalam madu. Padahal antioksidan itulah yang dibutuhkan tubuh untuk menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (kolesterol baik) serta memperbaiki peradangan.

Baca juga: 6 Mitos soal Diabetes yang Menyesatkan, Apa Saja?

Jenis madu monofloral mentah adalah jenis madu yang bisa digunakan menurunkan gula darah dan kolesterol tinggi.FREEPIK/RACOOL_STUDIO Jenis madu monofloral mentah adalah jenis madu yang bisa digunakan menurunkan gula darah dan kolesterol tinggi.
Sebagian besar madu bersifat polifloral, artinya lebah yang memproduksinya mengumpulkan nektar dari tanaman penghasil nektar dalam jarak 2 hingga 4 mil dari sarangnya.

Sedangkan yang bisa digunakan menurunkan gula darah dan kolesterol adalah jenis madu monofloral, yaitu madu yang diperoleh secara eksklusif dari nektar yang dikumpulkan lebah dari satu jenis tanaman saja.

Madu monofloral yang terkenal termasuk madu tupelo (terbuat dari nektar pohon White Ogeechee Tupelo), madu semanggi, madu robinia, dan madu lavender Perancis. 

Para peneliti menemukan bahwa madu semanggi dan robinia monofloral menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol keseluruhan, serta trigliserida puasa. Madu semanggi juga mengurangi kadar glukosa puasa.

Baca juga: Madu Olahan vs Madu Mentah, Mana yang Baik untuk Kesehatan?

Takaran minum madu yang tepat

Berdasarkan penelitian tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi 40 gram atau sekitar 2 sendok makan madu untuk mendapatkan khasiat madu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com