Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Gempa Cianjur: 46 Warga Meninggal Dunia, Rumah hingga Fasilitas Kesehatan Dilaporkan Rusak

Kompas.com - 21/11/2022, 16:53 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanah di sekitar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB.

Gempa bumi Cianjur itu menyisakan puing-puing bangunan yang ambruk dan berserakan.

Pasca gempa bumi terjadi, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mendapatkan sejumlah informasi laporan mengenai korban juga kerusakan dari beberapa daerah.

46 warga Cianjur meninggal dunia

Update terbaru, Bupati Cianjur Herman Suherman menyampaikan bahwa 46 orang meninggal dunia akibat bencana alam ini.

"Situasi terkini, yang sudah terdata meninggal 46 orang. (Korban) terus berdatangan dari daerah. Yang terluka kurang lebih 700 orang," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Para korban tersebut berasal dari Kecamatan Cugenang, Warungkondang, Cianjur, Gekbrong.

Adapun korban terluka saat ini tersebar di sejumlah rumah sakit, antara lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, RSUD Cimacan, dan RS Bhayangkara.

Sebelumnya, Dirut RSUD Cianjur dr Darmawan di RSUD Cianjur mengatakan bahwa sejak siang ada sebanyak 300 pasien yang berdatang dari berbagai wilayah di Cianjur.

Hal itu mengakibatkan rumah sakit tidak mampu menampung seluruh pasien di dalam ruangan. Sebagian pasien dirawat di parkiran rumah sakit

Baca juga: Riwayat Gempa Besar di Sesar Cimandiri dan Peringatan untuk Jalur Kereta Cepat

Rumah hingga fasilitas publik rusak

Sebanyak 52 rumah dilaporkan rusak sebagaimana yang disampaikan oleh Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna.

Rumah yang terdampak tersebar di Kecamatan Caringin sebanyak 28 unit, Sukaraja 5 unit, Nagrak 15 unit, Gegerbitung 3 unit, dan Ciambar 1 unit.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melaporkan berdasarkan data sementara, ada sebanyak 7 unit rumah mengalami kerusakan berat akibat guncangan hebat ini.

Selain itu, Pusdalops juga mendapatkan laporan bahwa satu bangunan pondok pesantren rusak berat dan RSUD Cianjur rusak sedang 1.

Sementara beberapa bangunan masih dalam tahap identifikasi kerusakan, di antaranya gedung pemerintah 2 unit, fasilitas Pendidikan 3, tempat ibadah 1.

Baca juga: Apa Itu Sesar Cimandiri? Diduga Penyebab Gempa Cianjur M 5,6 Hari Ini

Jalan Raya Cugenang, Cianjur yang menjadi akses ke Cianjur via Puncak tertutup karena longsoran akibat gempa Cianjur. Arus Cianjur-Bandur dialihkan, Senin (21/11/2022).Tangkapan layar video viral Jalan Raya Cugenang, Cianjur yang menjadi akses ke Cianjur via Puncak tertutup karena longsoran akibat gempa Cianjur. Arus Cianjur-Bandur dialihkan, Senin (21/11/2022).

Selain wilayah Cianjur, BPBD Kabupaten Bogor juga melaporkan dua rumah warga rusak. Guncangan gempa di wilayah ini dirasakan sedang 5 – 7 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com