Kompor Listrik Disebut Tidak Sesuai untuk Masakan Indonesia, Benarkah?

Kompas.com - 24/09/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kompor listrik terus mendapat sorotan, dan yang terbaru dinilai tidak sesuai untuk memasak masakan Indonesia

Hal itu diungkapkan anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela, Rabu (21/9/2022).

Istri musisi Ahmad Dhani itu mengatakan, kebijakan konversi kompor elpiji ke kompor listrik perlu dikaji lagi. Sebab, menurut Mulan, kompor listrik belum tentu cocok digunakan di Indonesia.

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas, karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja," kata Mulan dikutip dari KompasTV.

Baca juga: Bisakah Kompor Listrik Dipakai Memasak Rendang? Ini Kata Pakar Kuliner

Dia menuturkan bahwa dirinya juga pernah memiliki kompor listrik di rumahnya. Namun, kompor listrik itu rusak lantaran aliran listrik di rumahnya tidak stabil.

"Saya punya kompor listrik di sana (Cisarua), karena listrik nggak stabil kayak di kota itu kompornya rusak. Padahal, nggak diapa-apain cuma karena listrik nggak stabil," tutur Mulan.

Namun, benarkah bahwa kompor listrik tidak sesuai dengan masakan Indonesia?

 

Penjelasan chef

General Manager Hotel Mercure Bali Sanur Yosie Bagus yang pernah berprofesi sebagai executive chef mengatakan, kesulitan memasak menggunakan kompor listrik merupakan hal yang wajar.

Kesulitan itu terjadi karena menurutnya masyarakat masih dalam proses adaptasi.

Menurutnya, proses adaptasi ini dirasakan pada waktu memasak, suhu, hingga tekstur masakan yang dihasilkan.

Namun, faktor tersebut tentu saja dapat disesuaikan seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat menggunakan kompor listrik.

"Timing dan temperatur serta tekstur bisa disesuaikan, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan," kata Yosie saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Menko Airlangga: Program Kompor Listrik Masih Uji Coba, Tidak Diterapkan Tahun ini

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.