Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Kasus Kesurupan Paling Mengerikan

Kompas.com - 15/08/2022, 13:40 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Fenomena yang berhubungan hal mistis selalu menarik minat masyarakat. Salah satunya, kasus kesurupan yang hingga kini masih menjadi misteri.

Mayoritas masyarakat modern berpendapat bahwa kesurupan tidak disebabkan hal mistis. Sementara itu, masyarakat tradisional yang masih menganut kepercayaan berpendapat bahwa kesurupan disebabkan hal gaib.

Fenomena kesurupan juga diceritakan dalam drama audio siniar Tinggal Nama bertajuk “Almarhum Menuntut Keadilan [Pt.2]”. Dikisahkan seseorang terbunuh karena kesurupan setelah mengikuti prosesi upacara pemanggilan arwah.

Tak hanya cerita itu, di dunia ini, ada beberapa orang yang mengalami nasib serupa. Bahkan, di antaranya ada yang sampai merugikan orang lain. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Arne Cheyenne Johnson

Pada tanggal 24 November 1981, di Brookfield, Connecticut, Arne Cheyenne Johnson yang saat itu masih berusia 19 tahun dihukum karena pembunuhan tingkat pertama tuan tanahnya, Alan Bono.

Arne dikenal sebagai “The Devil Made Me Do It” karena mengaku aksinya dilakukan saat ia dirasuki roh jahat. Kisahnya diangkat dalam film “The Conjuring 3”.

Arne mengaku bahwa aksi pembunuhannya didasari oleh fenomena aneh yang dialami saudara laki-laki tunangannya, David. Pada musim panas 1980, David mengaku sering melihat sosok laki-laki tua yang menghantuinya.

Baca juga: Ini Penjelasan Ilmiah untuk Fenomena Kesurupan

Awalnya, Arne dan tunangannya menghiraukan fenomena itu. Namun, lama-kelamaan frekuensi kejadian supranatural yang dialami David meningkat dan semakin brutal. Bahkan, David jadi histeris ketika mendeskripsikan sosok menakutkan itu.

Mereka pun mendatangi paranormal terkenal, Ed dan Lorraine Warren, untuk meminta bantuan. Mereka mengadakan proses pengusiran setan di gereja. Setelah pengusiran, mereka yakin bahwa iblis sudah meninggalkan tubuh David.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.