Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ini Penjelasan Ilmiah untuk Fenomena Kesurupan

Kompas.com - 10/08/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Kesurupan adalah hal lumrah di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki kepercayaan tradisional yang kental akan mistisme dan masih diyakini oleh penduduk setempat.

Kesurupan bisa membuat tak sadarkan diri. Penyebabnya tak lain adalah hantu atau arwah orang mati yang merasuki tubuh. Oleh sebab itu, tak jarang penyelesaiannya dilakukan dengan cara agama, seperti rukiah atau eksorsisme.

Hal ini juga dikisahkan dalam audio drama siniar Tinggal Nama bertajuk “Almarhum Menuntut Keadilan [Pt.1]”. Diceritakan ada sebuah upacara pemanggilan arwah yang diusung suatu komunitas. Sayangnya, peristiwa itu malah membuahkan malapetaka bagi para anggotanya.

Akan tetapi, kesurupan tak selamanya harus dikaitkan dengan hal-hal gaib. Kesurupan bisa juga dijelaskan melalui pendekatan ilmiah, misalnya lewat ilmu psikologi. Lantas, bagaimanakah penjelasan selengkapnya?

Kesurupan Hadir dalam Masyarakat yang Religius

Menurut para ilmuwan, fenomena kesurupan hadir di tengah-tengah masyarakat yang religius. Gagasan ini bahkan sudah ada sejak di bangunnya gereja yang kerap mengasosiasikan suatu tindakan buruk karena ulah roh jahat.

Gagasan adanya kepercayaan terhadap makhluk supranatural menyebabkan kehidupan spiritual masyarakat yang tidak biasa.

Pada awalnya, spiritualisme merupakan agama yang berkembang di Amerika pada 1800-an.

Agama tersebut mengajarkan kalau roh dapat merasuki manusia. Mereka percaya roh orang yang telah tiada dapat menghuni tubuh sebagai medium berkomunikasi.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya literatur yang merujuk pada komunikasi manusia dengan roh.

Baca juga: Tinggal Nama Musim Ketiga: Duet Misteri dan Kisah Pahlawan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.