Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Misteri Hadir di Antara Bumi dan Langit

Kompas.com - 12/08/2022, 05:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

“Tidak ada misteri. Semua bisa dijelaskan,” demikian sabda para cendekiawan yang sangat yakin atas kehebatan apa yang disebut sebagai sains.

Apa pun yang terjadi di alam semesta ini pasti bisa dijelaskan secara saintifik seperti misalnya bumi bergerak mengitari matahari, bukan sebaliknya, atau bagaimana kecebong bisa berubah menjadi katak dan ulat bulu bisa berubah menjadi kupu-kupu. Semua bisa dijelaskan secara saintifik.

Meski masih sengit diperdebatkan mengenai kenapa bukan matahari yang bergerak mengitari bumi dan kenapa bukan kupu-kupu yang berubah menjadi ulat bulu atau kenapa bukan katak yang berubah menjadi kecebong.

Juga belum bisa dijelaskan secara sempurna mengenai misteri Michael Anthony yang autis dan tunanetra pada usia delapan tahun sudah mampu memainkan tiga sonata akbar Beethoven (Pathetique, Moonlight, Appasionata) pada pianoforte.

Padahal saya yang tidak autis dan tidak tunanetra baru bisa memainkan ketiga sonata akbar Beethoven tersebut setelah berusia 21 tahun secara tidak sempurna.

Penjelasan savant dari para neurosains yang semuanya juga manusia mustahil sempurna serta merta penjelasan manusia juga tidak sempurna kecuali dipaksakan untuk dianggap sempurna juga tidak bisa menjelaskan misteri fenomena Michael Anthony secara sempurna.

Penjelasan paling mendekati kesempurnaan paling-paling adalah karena saya tidak berbakat sehebat Michael Anthony yang langsung menjadi tidak sempurna apabila pertanyaan beralih ke masalah kenapa Michael Anthony lebih berbakat ketimbang saya atau kenapa Michael Anthony savant sementara saya tidak.

Juga sulit dijelaskan mengenai pada beberapa misteri yang hadir pada dua presiden Amerika Serikat, yaitu Abraham Lincoln dan John Fitzgerald Kennedy.

Angka 60 tampaknya cukup melekat pada kedua presiden USA tersebut sebab Lincoln dilantik pada tahun 1860, sementara Kennedy dilantik pada tahun 1960.

Lincoln memiliki sekretaris bernama Kennedy, sementara Kennedy memiliki sektretaris
bernama Lincoln.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.