Kompas.com - 27/06/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Penulisan nama dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) terkadang keliru karena adanya salah penulisan oleh petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kesalahan penulisan ini membuat pemilik data kependudukan memiliki nama berbeda-beda antara satu dokumen dengan dokumen yang lain, misalnya antara KTP dengan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), paspor, atau ijazah.

Kesalahan penulisan nama dalam KTP tentu saja merepotkan. Karena data yang tercantum dalam kartu identitas itu akan sering digunakan sebagai acuan berbagai keperluan layanan publik.

Lantas, bisakah kesalahan penulisan nama di KTP ini diperbaiki?

Baca juga: Bagaimana Cara Memperbarui Alamat KTP?

Berdasarkan informasi di akun Instagram resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) @dukcapilkemendagri, proses untuk memperbaiki penulisan nama di KTP relatif cukup mudah.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pemohon harus memeriksa terlebih dahulu dokumen-dokumen resmi lain yang memuat nama dengan penulisan yang tepat. Dokumen ini bisa berupa akte kelahiran, KK, paspor, atau ijazah;

2. Setelah itu, bawa dokumen tersebut ke kantor Dukcapil terdekat sebagai bukti penulisan nama yang benar;

3. Jika sudah, petugas akan mengecek berkas yang dijadikan bukti, kemudian memprosesnya;

4. Anda tinggal menunggu ralat nama di dalam KTP selesai diproses oleh petugas. Sehingga data satu dokumen dengan dokumen lainnya tak akan memiliki perbedaan lagi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.