[POPULER TREN] Penjelasan BPJS Kesehatan soal Iuran Disesuaikan Gaji | Operasi Patuh 13-26 Juni 2022: Lokasi, Sasaran, dan Denda

Kompas.com - 13/06/2022, 05:30 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah berita menghiasi laman Tren Kompas.com sepanjang Minggu (12/6/2022).

Berita perihal iuran BPJS Kesehatan yagn akan disesuaikan dengan gaji, masih mendominasi pemberitaan.

Pejabat pengganti sementara (Pps) Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) BPJS Kesehatan Arif Budiman mengatakan, perhitungan iuran dari penghasilan seseorang hanya berlaku pada jenis kepesertaan PPU, pekerja formal yang mendapat upah secara rutin dari pemberi kerjanya.

Selain mengenai BPJS, ada pula berita mengenai Operasi Patuh yang dimulai Senin (13/6/2022), syarat ASN yang akan mendapat rumah di IKN, hingga kasus Covid-19 di Indonesia yang mulai meningkat.

Selengkapnya, berikut berita terpopuler Tren sepanjang Minggu (12/6/2022) hingga Senin (13/6/2022) pagi:

1. Penjelasan BPJS soal aturan iuran terbaru

Aturan mengenai iuran BPJS Kesehatan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan, besaran iuran ditentukan berdasarkan jenis kepesertaan setiap peserta dalam program JKN.

Sementara itu, bagi peserta pekerja penerima upah (PPU) atau pekerja formal, baik penyelenggara negara seperti ASN, TNI, Polri dan pekerja swasta, besaran iuran sebesar 5 persen dari upah, dengan rincian 4 persen dibayarkan oleh pemberi kerja dan 1 persen oleh pekerja.

Untuk perhitungan iuran ini berlaku pula batas bawah, yaitu upah minimum kabupaten atau kota dan batas atas sebesar Rp 12 juta.

Selengkapnya bisa disimak di sini: 

Penjelasan BPJS Kesehatan soal Ramai Iuran Akan Disesuaikan Besar Gaji

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.