Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Kata Ahli Pidana soal Korban Begal Jadi Tersangka | Cara Daftar Lowongan BUMN 2022

Kompas.com - 15/04/2022, 05:30 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Pakar hukum pidana merespons soal kasus begal di Lombok di mana korban menjadi tersangka pembunuhan terhadap dua pelaku.

Kasus ini jadi sorotan setelah polisi menetapkan tersangka terhadap Amaq Santi, meski ia melakukan pembelaan diri berujung tewasnya dua begal di Desa Ganti, Lombok Tengah, Minggu (10/4/2022).

Selain topik tersebut, terdapat rekrutmen bersama BUMN 2022 yang sudah dibuka sejak 14 April 2022 kemarin. Calon pelamar dapat mengikuti cara pendaftarannya dalam panduan berikut.

BLT minyak goreng Rp 300.000 disalurkan oleh pemerintah. Berikut cara mengecek penerima BLT minyak goreng via web dan aplikasi. Terakhir soal cara mengisi E-HAC yang jadi syarat perjalanan mudik lebaran 2022.

Berikut berita terpopuler Tren hingga Jumat (15/4/2022) pagi:

1. Kata ahli pidana soal korban begal jadi tersangka

Korban begal di Lombok, Nusa Tenggara Barat, jadi tersangka kasus pembunuhan. Hal itu setelah korban tersebut membunuh dua orang begal yang mencoba merampas harta bendanya.

Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Indonesia (FHUI) Indriyanto Seno Adji mengatakan, penegak hukum tidak melihat kejadian tersebut dari perspektif kepemilikan senjata tajam (sajam) dari korban, sehingga mengakibatkan korban begal yang dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian.

Berikut selengkapnya:

 

2. Cara melamar lowongan kerja BUMN 2022

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah membuka lowongan penerimaan pegawai besar-besaran pada tahun 2022.

Pendaftaran rekrutmen bersama BUMN 2022 akan mulai dibuka hari ini 14 April 2022 melalui website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Berikut tata caranya:

3. Cara cek penerima BLT minyak goreng

Pemerintah memberikan BLT minyak goreng bagi masyarakat miskin dan pedagang kaki lima (PKL) yang terimbas tingginya harga minyak goreng di pasaran.

Penerima akan mendapatkan Rp 100.000 per bulan selama 3 bulan yaitu April, Mei, dan Juni.

Bagaimana cara mengecek penerima?

4. Beda nasib Amaq Santi dan Irfan di kasus begal

Peristiwa korban begal jadi tersangka di Lombok, NTB, ramai dibicarakan masyarakat. Hal itu setelah Amaq Santi membunuh dua orang begal di Jalan Raya Desa Ganti, Praya Timur, minggu (10/4/2022) dini hari. Kejadian bermula saat korban akan pergi ke Lombok Timur.

Nasib Amaq Santi berbeda dengan Mohamad Irfan Bahri (19 tahun). Seorang santri asal Pondok Pesantren Darul Ulum, Pamekasan, Madura menerima penghargaan dari pihak kepolisian karena melawan begal.

5. Cara mengisi E-HAC

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran diwajibkan untuk mengisi electronic Health Alert Card (e-HAC) di aplikasi PeduliLindungi.

Sebab, pengisian e-HAC menjadi salah satu syarat wajib bagi pelaku perjalanan sebelum mudik ke kampung halaman. Ketentuan ini berlaku mulai 5 April 2022 di semua moda transportasi darat, laut, dan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com