Kompas.com - 02/12/2021, 20:00 WIB
Jika tak ada obat, Anda bisa meredakan hidung tersumbat dengan terapi berbahan alami. Unsplash/Britanny ColetteJika tak ada obat, Anda bisa meredakan hidung tersumbat dengan terapi berbahan alami.

KOMPAS.com - Hidung tersumbat bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari alergi hawa dingin, iritasi debu dan asap rokok, atau infeksi dari virus influenza.

Hidung akan tersumbat ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Ketika ada faktor alergi masuk, maka lapisan dalam hidung akan mengalami peradangan.

Karena ada peradangan, hidung pun akan mengeluarkan lendir untuk mengusir debu, sumber alergi atau virus yang masuk. Nah, produksi lendir inilah yang menyebabkan hidung jadi tersumbat.

Hidung tersumbat biasanya juga akan memburuk di tengah malam ketika kita akan berangkat tidur.

Melansir Medical News Today, suhu dingin malam hari menyebabkan lendir dalam hidung akan semakin sulit mengering.

Lendir bahkan akan terkumpul di pangkal hidung dan menyebabkan kesulitan bernapas serta memicu sakit kepala. Hal ini tentu saja bisa mengurangi kualitas tidur kita.

Baca juga: Terapi Alami Meredakan Siksaan Nyeri Asam Urat

Terapi alami meredakan hidung tersumbat

Agar aliran udara tak terganggu dan Anda bisa tidur nyenyak, lakukan langkah-langkah di bawah ini ketika hidung Anda tersumbat di tengah malam:

1. Angkat kepala

Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh agar lendir tak menyumbat pernapasan.FREEPIK/SENIVPETRO Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh agar lendir tak menyumbat pernapasan.
Ketika Anda tidur tanpa bantal, lendir akan menggenang di kepala dan semakin membuat aliran napas terganggu.

Agar pernapasan lancar, angkat kepala di bantal yang tinggi agar posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini bisa mencegah lendir jadi menggenang di pangkal hidung.

2. Konsumsi madu

Ketika tengah flu dan hidung tersumbat, kita secara refleks akan bernapas menggunakan mulut. Ketika mulut terbuka hampir sepanjang malam, maka radang tenggorokan yang ada karena flu akan semakin bertambah parah.

Agar tenggorokan tak kering, konsumsi madu sebelum berangkat tidur. Madu membantu melapisi tenggorokan dan mencegahnya dari kekeringan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.