Kompas.com - 27/11/2021, 16:00 WIB
Tangkapan layar unggahan soal bentol-bentol pada kulit yang disebut karena darah manis. Twitter: @ohmybeautybankTangkapan layar unggahan soal bentol-bentol pada kulit yang disebut karena darah manis.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai adanya kondisi kulit yang bentol-bentol dan berbekas luka, disebut karena darah manis, viral di media sosial pada Sabtu (26/11/2021).

"Bekas luka. cara ngilangin bekas luka yg menahun kaya gini pake apa yaa? yg ampuhh pls, sender udh capek bgt huhu," tulis akun Twitter ini.

Dalam twit juga dilengkapi dengan foto kondisi kulit tangan dan kaki pengirim berbentol dan berbintik hitam.

Hingga Sabtu (27/11/2021), twit itu sudah diretwit sebanyak 264 kali dan disukai sebanyak lebih dari 2.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Hal serupa juga pernah diunggah di akun Twitter yang sama.

"Aku darah manis dari kecil bahkan gak cuma kaki aku aja, tangan juga kayak gini.. kalian ada yang tau cara ngatasinnya gaa? terus kalo bisa rekomendasiin ke aku Pr00duKnya dong, sender malu banget kalo pake rok/celana pendek," tulis pengirim pada akun Twitter tersebut pada Rabu (17/11/2021).

Bagaimana penjelasan dokter?

Baca juga: 9 Gejala Kencing Manis yang Perlu Diwaspadai

Penjelasan dokter

Menanggapi hal itu, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Mataram dr Dedianto Hidajat mengatakan, tidak ada istilah darah manis dalam medis, melainkan kencing manis atau diabetes melitus.

"Darah manis merupakan istilah awam untuk kencing manis, pada penderita kencing manis atau diabetes melitus memang sering terjadi keluhan gatal-gatal karena kulit menjadi kering," ujar Dedi, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Dedi, kondisi kulit yang ada pada unggahan medsos itu bukan dikarenakan karena diabetes.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.