Kompas.com - 27/11/2021, 13:30 WIB
Kentang goreng harus digoreng dua kali untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan gurih sempurna. Unsplash/Matthew ReyesKentang goreng harus digoreng dua kali untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan gurih sempurna.

KOMPAS.com - French fries atau kentang goreng buatan rumah terkadang tak bisa seenak, serenyah, dan segurih kentang goreng olahan resto-resto dan kafe.

Hal inilah yang seringnya membuat buah hati memilih jajan ke kafe daripada menikmati kentang goreng buatan rumah sendiri.

Untuk membuat kentang goreng yang super crunchy, ada tips atau rahasia yang harus Anda ketahui.

Melansir dari The Spruce Eatsuntuk membuat kentang goreng yang crunchy, Anda harus memastikan bagian tengah kentang sudah matang sempurna sebelum bagian luarnya berubah menjadi kecoklatan.

Untuk bisa mencapai kondisi seperti di atas, Anda harus tepat dalam memilih kentang, minyak, juga mengerti cara menggoreng yang benar.  

Baca juga: Mengapa Kentang Goreng Jadi Tak Enak jika Sudah Dingin?

Tips menggoreng kentang

Untuk mendapatkan kentang goreng ala gerai-gerai franchise terkenal, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih kentang yang sesuai

Untuk membuat french fries atau kentang goreng, pilih kentang yang tak terlalu banyak memiliki kandungan air.PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Untuk membuat french fries atau kentang goreng, pilih kentang yang tak terlalu banyak memiliki kandungan air.
Kentang yang paling bagus untuk diolah menjadi kudapan kentang goreng adalah kentang yang memiliki sari pati atau amilum tinggi.

Salah satunya adalah kentang russet, kentang yang berukuran besar dengan kulit berwarna coklat tua dan dihiasi sedikit mata. Daging buah dari kentang ini berwarna putih, kering dan lembut dan sangat bertepung.

Kentang yang cocok untuk kudapan goreng adalah kentang yang tak mengandung terlalu banyak air.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.