Kompas.com - 15/11/2021, 14:00 WIB
Meski belum resmi berjalan, guru-guru dari sejumlah sekolah mengaku optimistis Asesmen Nasional akan berjalan efektif dan lebih baik dari Ujian Nasional (UN). DOK. BANK DUNIAMeski belum resmi berjalan, guru-guru dari sejumlah sekolah mengaku optimistis Asesmen Nasional akan berjalan efektif dan lebih baik dari Ujian Nasional (UN).

KOMPAS.com – ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Mengutip dari Kompas.com 16 Agustus 2021 sebagaimana dikutip dari laman Direktorat SMP Kemdikbud Ristek, ANBK merupakan evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Adapun ANBK akan digelar secara semi online maupun online.

ANBK online dilakukan dengan harus memiliki akses internet yang stabil bagi komputer client dan harus memiliki komputer proctor untuk membuka token.

Sementara untuk ANBK semi online maka komputer client tidak memiliki akses internet secara langsung.

Komputer client akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

Lantas apa sebenarnya Asesmen Nasional itu?

Baca juga: Apa Itu Asesmen Nasional dan Kapan Dilaksanakan?

Pengertian Asesmen Nasional

Dikutip dari laman Kemdikbud, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah .

Adapun pada Asesmen Nasional mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Selanjutnya akan ada tiga instrument penilaian pada Asesmen Nasional, yakni:

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.