Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Profesi yang Dapat Tiket Gratis KAI hingga 30 November

Kompas.com - 15/11/2021, 12:05 WIB
Mela Arnani,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah daftar profesi yang berhak memperoleh voucher tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) gratis dalam program Hari Pahlawan 2021.

Kebijakan ini berlaku mulai 13 November 2021, dengan periode keberangkatan hingga 30 November mendatang.

Adapun penambahan daftar penerima tiket gratis ini yaitu berlaku untuk dosen, dokter, analis laboratorium, dan analis radiologi.

"Penambahan profesi yang mendapatkan voucher tiket gratis ini ditujukan untuk memberikan apresiasi yang semakin luas kepada para pekerja di bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua sektor ini sebagai cerminan pahlawan masa kini di saat pandemi Covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Kompas.com, Sabtu (13/11/2021).

Ia menyampaikan, peluasan profesi ini melengkapi daftar profesi yang juga mendapatkan program yang sama meliputi guru, bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, driver ambulance, dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Baca juga: 11.000 Tiket Gratis KA Jarak Jauh: Penerima, Syarat, Cara, dan Rutenya

Lokasi pengambilan voucher tiket gratis kereta api

Pengambilan voucher dapat dilakukan melalui loket atau customer service di 12 stasiun yang telah ditentukan hingga 29 November 2021.

Stasiun-stasiun tersebut yakni Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Jember, Stasiun Medan, Stasiun Kertapati, dan Stasiun Tanjung Karang.

Perlu diketahui, voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher, sebagai contoh pengambilan voucher di Stasiun Gambir, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca juga: Tidak Perlu PCR, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh

Syarat pengambilan voucher tiket gratis kereta

Ilustrasi tenaga medis menggunakan virtual reality (VR) untuk latihan operasi Ilustrasi tenaga medis menggunakan virtual reality (VR) untuk latihan operasi

Kelompok penerima voucher gratis dapat mengambilnya dengan membawa dokumen sebagai berikut:

1. Dosen atau guru

Membawa identitas asli dan fotokopi identitas atau surat keterangan yang menyatakan profesi sebagai dosen atau guru.

2. Dokter

Identitas asli dan fotokopi kartu anggota profesi dokter atau Surat Tanda Registrasi (STR) Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

Baca juga: Aturan Wajib PCR/Antigen Perjalanan Darat 250 Km Dicabut, Ini Revisinya

3. Tenaga kesehatan lainnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com