Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Yang Diuntungkan oleh Malapetaka

Kompas.com - 05/11/2021, 09:52 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

FAKTA sejarah telah membuktikan bahwa secara ekonomi dan politik pada setiap malapetaka senantiasa ada pihak yang dirugikan namun ada pula pihak yang diuntungkan.

Contoh nyata tak terbantahkan adalah satu di antara malapetaka terdahsyat yang menimpa umat manusia yaitu Perang Dunia II.

Jelas bahwa industri senjata mengalami masa keemasan untuk mengeruk laba sebesar mungkin.

Di samping secara politik para negara yang tampil sebagai pemenang Perang Dunia II memperoleh kesempatan untuk memperluas jangkauan kekuasaan untuk menguasai dunia yang pada hakikatnya sama saja dengan politik Lebensraum Adolf Hitler atau One Belt One Road Xi Yinping.

Pagebluk Corona

Sejak awal dasawarsa kedua abad keduapuluh satu sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan, umat manusia kembali dicengkam malapetaka skala global yaitu pagebluk Corona.

Secara ekonomi jelas cukup banyak pihak dirugikan terutama industri bukan kebutuhan primer seperti hiburan, pariwisata dan perhotelan.

Namun secara ekonomi cukup banyak pihak diuntungkan seperti industri pelayanan online dan kesehatan.

Industri pelayanan kesehatan terutama yang langsung terkait dengan pagebluk Corona mulai dari masker, vaksin sampai ke tes antigen dan PCR.

Akibat masker dapat dibuat oleh siapa saja maka terjadi pemerataan laba usaha jauh lebih merata ketimbang industri vaksin mau pun tes antigen dan PCR.

Tidak sembarang orang bisa dan boleh memproduksi vaksin, tes antigen, dan PCR yang memang apa boleh buat membutuhkan keterampilan serta teknologi khusus yang bahkan dilindungi secara hukum dengan apa yang disebut sebagai hak paten sebagai suatu mahakarya kapitalisme.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.