Kompas.com - 02/11/2021, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Kopi bisa bermanfaat sekaligus merugikan tubuh, tergantung dari takaran yang diambil dan cara tepat menyeduh dan menyesapnya.

Beberapa kebiasaan ngopi, ditengarai bisa berpotensi menaikkan berat badan. Seperti menambah gula dan susu terlalu banyak, juga minum kopi di kala perut masih kosong.

Namun beberapa kebiasaan ngopi yang lain, justru bisa membantu Anda menurunkan berat badan. 

Laura Burak, MS, RD, penulis Slimdown with Smoothies, dan Lauren Manaker, penulis buku The First Time Mom's Pregnancy Cookbook  memaparkan bahwa beberapa kebiasaan ngopi ini bisa membuat Anda menurunkan berat badan sekaligus memiliki pola hidup yang sehat.

Apa sajakah kebiasaan ngopi tersebut?

Baca juga: 8 Cara Sehat Menyeduh Kopi

1. Melewatkan gula alias menyeduh kopi pahit

Melansir dari Eatthis, Manaker mengatakan bahwa tak memasukkan gula ke dalam seduhan kopi adalah cara efektif menurunkan berat badan.

Sebuah studi mengatakan, memasukkan satu sendok gula ke dalam seduhan kopi Anda sama saja dengan menambah 12,5 gr gula ke dalam tubuh Anda.

Jumlah ini adalah jumlah yang sangat besar untuk konsumsi gula di dalam secangkir kecil kopi. 

Jadi bayangkan jika Anda menambahkan 2 hingga 3 sendok gula ke dalam kopi pahit Anda. Tak hanya tubuh akan kebanyakan kalori, namun juga berisiko terkena diabetes tipe 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.