Kompas.com - Diperbarui 23/10/2021, 18:25 WIB
Ellya Khadam goodnewsfromindonesiaEllya Khadam

KOMPAS.com - Google Doodle merayakan ulang tahun Ellya Khadam ke-93 hari ini, Sabtu (23/10/2021). 

Siapa Ellya Khadam? 

Ellya Khadam adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktor, yang dikenal sebagai pelopor genre musik populer di kalangan rakyat Indonesia, yakni Dangdut.

Baca juga: Google Doodle Peringati Ulang Tahun Ke-93 Ellya Khadam, Pelantun Lagu Boneka dari India

Karier Ellya mencapai puncaknya dengan merilis lagu hitnya “Boneka India” pada 1956. Di masa itu, lagu Khadam hampir setiap hari diputar di radio.

Dia kerap menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, serta tampil mengenakan sari tradisional India dan mengenakan sindoor di dahinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Profil Ellya Khadam

Ellya Khadam memiliki nama asli Siti Alya Husnah. Dia lahir pada hari ini, 93 tahun lalu, tepatnya pada 23 Oktober 1928.

Nama Ellya dicetuskan oleh produsernya saat itu. Sementara nama belakang Khadam adalah nama mantan suaminya bernama Khadam Ali.

Diberitakan Harian Kompas, 22 Mei 2000, Ellya juga pernah dikenal sebagai Ellya Agus, dan Ellya M Haris, tetapi nama Khadam terlanjur melekat.

Ellya sebenarnya korban pernikahan dini. Dia menikah di usia 14 tahun dengan Khadam Ali, pria yang belum pernah dia kenal sebelumnya. Ia lalu menjadi ibu di usia remaja.

Di masa itu, secara kebetulan dia bertetangga dengan seorang penyanyi Melayu Deli bernama Dian Seruni. Setiap Dian berlatih bernyanyi, Ellya diam-diam memasang telinga dan belajar.

Dia mengembangkan bakat bernyanyinya dengan meniru genre yang dibawakan Dian Seruni. Dia merasa bisa menguasai lagu lebih baik dari Dian Seruni. Saat itulah muncul niatnya menjadi penyanyi.

Baca juga: Profil Munarman, Mantan Sekum FPI yang Ditangkap Densus 88 Terkait Kasus Terorisme

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.