Kompas.com - 23/10/2021, 15:05 WIB
Sejumlah penumpang kereta api berada di Stasiun Gubeng Baru, Surabaya. DOK. PT KAI DAOP 8 SURABAYASejumlah penumpang kereta api berada di Stasiun Gubeng Baru, Surabaya.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengizinkan anak-anak berusia di bawah 12 tahun menggunakan moda transportasi umum, kereta api, dan pesawat udara, setelah sebelumnya sempat dilarang.

Aturan perjalanan dengan kereta api diatur melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19.

Sedangkan aturan perjalanan pesawat udara tertulis dalam SE Kemenhub Nomor 88 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Naik Pesawat Kini Wajib Tes PCR, Apa Bedanya dengan Antigen?

Syarat perjalanan naik kereta api

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menegaskan bahwa anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan naik kereta api dengan tetap memenuhi syarat hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi pelanggan KA jarak jauh.

“Memakai masker (3 lapis) dengan sempurna, dalam kondisi sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujar Joni kepada Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Joni menambahkan, anak-anak di bawah 12 tahun yang akan naik kereta wajib didampingi oleh orang tua atau keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Benarkah Minum Air Kelapa Dapat Menetralkan Efek Samping Vaksin? Ini Kata Kemenkes

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.