Kompas.com - 23/10/2021, 13:30 WIB
Cara berjalan kita bisa menyiratkan penyakit apa yang menganggu fisik dan psikis kita. Unsplash/Henry XuCara berjalan kita bisa menyiratkan penyakit apa yang menganggu fisik dan psikis kita.

KOMPAS.com - Cara berjalan masing-masing orang memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Mulai dari postur tubuh ketika melangkahkan kaki, lebarnya langkah kaki hingga gerakan ayunan lengan, semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Cara berjalan dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah faktor usia. Semakin kita menua, akan semakin berbeda juga cara berjalan kita, menjadi lebih pelan juga lebih hati-hati.

Melansir dari WebMD, berjalan adalah proses yang sangat kompleks. Karena melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dari kepala hingga kaki, juga melibatkan beberapa bagian dari otak kita.

Karena melibatkan hampir seluruh bagian tubuh, maka cara kita berjalan, postur tubuh kita ketika berdiri, sudah barang pasti dipengaruhi oleh kesehatan dari tubuh kita masing-masing.

Ketika ada penyakit yang bersarang, cara berjalan pun bisa berubah dengan mengeluarkan beberapa ciri khas.

Berikut ini beberapa cara berjalan yang khas, yang bisa mengindikasikan penyakit tertentu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menganggu Kesehatan Mental

1. Berjalan sangat lamban dari yang seharusnya

Ilustrasi berjalan kakimladensky Ilustrasi berjalan kaki
Studi yang dilakukan pada orang usia 65 tahun ke atas membuktikan bahwa mereka yang bisa berjalan cepat dan normal biasanya adalah lansia yang tak memiliki keluhan penyakit apapun.

Namun mereka yang berjalan sangat pelan dan lamban, biasanya karena tubuhnya diganggu oleh beberapa penyakit. Seperti arthritis, alzheimer, atau osteoporosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.