Hasanuddin Wahid
Sekjen PKB

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Anggota Komisi X DPR-RI.

Memikat Generasi Muda Belajar Sejarah untuk Mencintai Indonesia

Kompas.com - 15/10/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi sejarah. SHUTTERSTOCKIlustrasi sejarah.

PERIHAL sejarah, Trisha Hughes, penulis kaliber internasional asal Australia dan mentor Lantau Young Writer’s Competition 2018 pernah mengatakan bahwa sejarah adalah cerita terbaik yang tidak pernah menjadi tua.

Dalam suatu kesempatan ia mengatakan, “Ketika saya masih di sekolah, pelajaran sejarah – belajar tentang Magna Carta, Pertempuran Hastings, Agincourt, Bosworth dan Bannockburn bersama dengan nama-nama raja yang tidak dikenal dan berperang di tempat yang tidak dikenal – adalah hal yang paling membosankan. Sehingga waktu itu muncul pertanyaan di benak saya, mengapa dan untuk apa saya harus belajar sejarah?”

Tetapi sekarang, dia melanjutkan, “Setelah saya menjadi lebih dewasa dan lebih bijaksana, saya mulai memahami bahwa sesungguhnya anak-anak kita dapat belajar banyak dengan melihat lebih dekat ke masa lalu. Seiring bertambahnya usia, persepsi kita berubah, begitu pula minat kita. Tiba-tiba, tokoh-tokoh dan peristiwa sejarah menjadi sesuatu hal yang menarik.”

Senada dengan Trisha Hughes, Earl Duke penulis buku, Gayatri Rajapatni: Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit mengatakan, memang sejarah adalah kisah mengenai masa lalu, tetapi memiliki pesan yang bisa sangat relevan dengan kehidupan masa kini dan masa depan.

Menurut dia, sejarah kejayaan Majapahit memuat banyak tokoh dan peristiwa yang mengagumkan. Ia menyatakan banyak hal magis yang membuatnya begitu tertarik untuk menulis tentang Gayatri Rajapatni.

“Menurut saya, Gayatri adalah sosok paling menarik dalam sejarah Indonesia klasik. Kisah dan peran Gayatri pada zamannya memang masih tersembunyi bagi banyak orang, tetapi jika dieksplorsi maka akan menimbulkan daya tarik yang luar biasa,” tukasnya.

Pentingnya pelajaran sejarah

Sejatinya, sejarah tidak hanya memberi kita gambaran sekilas tentang bagaimana hal-hal dulu, tetapi juga dapat mengajari kita hal-hal penting bagi kehidupan bangsa saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejarah bisa menjadi yang terkaya dari semua cerita, cerita yang paling menyedihkan dan cerita yang paling mengejutkan.

Ini adalah kisah semua orang, di semua tempat, setiap saat dan karena kita mengetahui sejarah itu, kita dapat memutuskan apa yang mungkin terjadi di masa depan dan dapat membangkitkan bangga dan rasa cinta pada tanah air kita.

Sejarah memberikan identitas dan menunjukkan kepada kita model perilaku yang baik dan bertanggung jawab, serta mengajari kita bagaimana belajar dari kesalahan orang lain dalam membangun negara.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.