Kompas.com - 27/09/2021, 09:31 WIB
Tangkapan layar air jeruk nipis yang disebut dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh dan membersihkan paru-paru orang yang merokok. FacebookTangkapan layar air jeruk nipis yang disebut dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh dan membersihkan paru-paru orang yang merokok.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi informasi mengenai air jeruk nipis disebutkan dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh ramai diperbincangkan di media sosial pada 18 Agustus 2019.

Selain itu, disebutkan pula air jeruk nipis juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

Dokter spesialis paru konsultan onkologi di RSUD dr Pirngadi Medan Dr Moh Ramadhani Soeroso menegaskan, informasi tersebut tidak benar.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook berikut.

Informasi juga dilengkapi dengan foto segelas air berisi jeruk nipis dan terdapat tulisan "air jeruk nipis dapat membersihkan paru-paru orang yang merokok".

Berikut bunyi pesan secara rinci:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral, dan lainnya.

Sehingga, Air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 % dalam tubuh. Bahkan, jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok."

Tangkapan layar air jeruk nipis yang disebut dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh dan membersihkan paru-paru orang yang merokok.Facebook Tangkapan layar air jeruk nipis yang disebut dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 persen dalam tubuh dan membersihkan paru-paru orang yang merokok.

Hingga Minggu (26/9/2021), unggahan itu sudah direspons sebanyak 2.900 kali dan dibagikan sebanyak 546 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Tak hanya itu, ada beberapa pengguna lain yang turut mengunggah informasi ini dengan narasi yang serupa.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.