Kompas.com - 26/09/2021, 18:30 WIB
Mall Festival CityLink Bandung, Jawa Barat. Dok. Mall Festival CityLink BandungMall Festival CityLink Bandung, Jawa Barat.

KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan aturan prosedur masuk mal anak-anak usia di bawah 12 tahun.

"Kami akan memperbaiki standar operasional prosedur (SOP) supaya anak-anak di bawah 12 tahun datang ke mal,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, seperti dikutip dari Kompas.comMinggu (26/9/2021).

Uji coba tersebut dilakukan seiring dengan membaiknya status PPKM di seluruh wilayah Jawa-Bali, di mana tak ada lagi yang berada di level 4, melainkan kini sudah di level 3 dan level 2.

Apa saja syarat dan mana saja daerah yang menerapkan?

Baca juga: Mendag Siapkan Aturan Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Syarat anak di bawah 12 tahun masuk mal

Dikutip dari Kompas.com, 22 September 2021, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI Purn dr Alexander K Ginting menjelaskan, ada beberapa syarat terkait anak di bawah 12 tahun yang bisa masuk mal.

Syaratnya, yakni kedua orang tuanya wajib harus sudah divaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ayah ibunya status aplikasi peduli lindungi warna hijau," kata Alexander.

Warna hijau artinya seseorang yang telah divaksin Covid-19 dua dosis. Pengguna dengan status QR Code warna hijau dinyatakan aman sehingga diizinkan atau diperbolehkan untuk mengakses fasilitas umum.

Selain itu, syarat yang lain, kondisi anak tersebut haruslah sehat.

Protokol kesehatan saat berada di dalam mal harus diterapkan. Anak-anak yang akan masuk mal juga harus didampingi orang tuanya, begitu pula saat keluar mal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.