Kompas.com - 20/09/2021, 12:15 WIB
Manfaat kesehatan daun sage sangat banyak, bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga memperbaiki mood. Unsplash/PaulinaManfaat kesehatan daun sage sangat banyak, bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga memperbaiki mood.

KOMPAS.com - Daun sage tak hanya bisa digunakan sebagai pengharum produk kosmetik saja, ada berbagai manfaat kesehatan dari tanaman yang bernama ilmiah Salvia officinalis ini.

Tanaman sage seperti kelor, bisa masuk ranah mana saja, baik kuliner, kosmetik dan kecantikan, hingga kesehatan.

Di dunia dapur, duan sage digunakan sebagai bahan rempah pengharum sajian. Di dunia kecantikan, tanaman aromatik ini digunakan untuk mengharumkan berbagai produk sabun juga kosmetik.

Kandungan nutrisi dan mineral dalam sage sangatlah banyak. Mulai dari magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, beta karoten, dan vitamin K.

Lantas apa khasiat daun sage untuk kesehatan? Dalam banyak studi disimpulkan bahwa nutrisi dalam daun sage bisa menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun mental.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Daun Salam dan Cara Pengolahannya

Khasiat kesehatan daun sage

Daun sage memiliki banyak nutrisi, sehingga bisa digunakan mengobati berbagai penyakit.Unsplash/Annie Spratt Daun sage memiliki banyak nutrisi, sehingga bisa digunakan mengobati berbagai penyakit.
Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari selembar daun sage. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Menjaga kesehatan mulut

Sage memiliki kandungan antimikroba yang ampuh membunuh bakteri yang bisa menyebabkan plak gigi.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi menemukan bahwa berkumur menggunakan produk obat kumur yang mengandung sage bisa efektif membunuh streptococcus, bakteri yang merusak kesehatan rongga mulut.

2. Meringankan efek samping menopause

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.