Kompas.com - 19/09/2021, 20:18 WIB
Ilustrasi menstruasi. shutterstockIlustrasi menstruasi.

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 semakin gencar dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona di Indonesia.

Vaksin Covid-19 berperan sangat penting dalam meminimalisasi risiko infeksi Covid-19 dan mengurangi risiko gejala Covid-19 yang parah bila terinfeksi.

Selain menerima vaksin Covid-19, penerapan protokol kesehatan pun harus tetap dilakukan agar perlindungan semakin optimal.

Akan tetapi, masih banyak orang khawatir menerima vaksin Covid-19, terutama saat kondisi tertentu seperti menstruasi.

Saat haid, perempuan mengalami sejumlah keluhan, seperti kram perut, kelelahan, mual, perut kembung, dan sebagainya. Kondisi inilah yang membuat banyak perempuan khawatir untuk melakukan vaksinasi saat haid.

Baca juga: Berkaca dari Peristiwa French Open 2021, Benarkah Vaksin Sinovac Belum Diakui Eropa?

Bolehkah vaksinasi Covid-19 saat haid?

Dilansir dari Indonesia Baik melalui KOMPAS.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, vaksin Covid-19 tetap dapat diberikan kepada perempuan yang sedang haid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, Nadia menjelaskan, vaksinasi Covid-19 bisa ditunda jika calon penerima mengalami keluhan seperti nyeri atau sakit karena haid.

“Kalau ada keluhan lain selain haid tentunya ditunda sampai sakitnya atau nyerinya hilang, ya, karena itu (nyeri haid) biasanya 1-3 hari pertama saja,” kata Nadia.

Sampai saat ini, Kemenkes terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar semakin paham dan tidak mudah percaya terhadap informasi palsu terkait vaksin Covid-19.

Melalui media sosialnya, Kemenkes melalui membeberkan mengenai beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah menerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Berapa Perkiraan Harga Vaksin Merah Putih, Booster Vaksin Covid-19 untuk 2022?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.