Kompas.com - 19/09/2021, 20:10 WIB
Ilustrasi cheetah, dikenal sebagai hewan tercepat di dunia SHUTTERSTOCK/slowmotiongliIlustrasi cheetah, dikenal sebagai hewan tercepat di dunia

KOMPAS.com - Ada beberapa hewan yang dinobatkan sebagai yang paling cepat di dunia. Di antara semuanya, Cheetah (Acinonyx jubatus) selama ini dianggap sebagai yang tercepat.

Cheetah dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia dengan mengalahkan kuda pacu. Kecepatan tertinggi cheetah yang berhasil didokumentasikan adalah 64 mph (103 kilometer per jam).

Bahkan, menurut Smithsonian National Zoo dan Conservation Biology Institute, cheetah diperkirakan dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga mendekati 70 mph (113 kilometer per jam).

Profesor Biomekanik Evolusioner di Royal Veterinary College di London, John Hutchinson menjelaskan, cheetah memiliki tubuh ideal untuk berlari.

Kombinasi kaki panjang, ukuran otot dan langkah yang panjang, membuat cheetah mampu berlari dengan cepat.

Baca juga: 8 Penyakit Hewan Peliharaan yang Bisa Menular ke Tubuh Kita

Hutchinson menambahkan, cheetah juga dapat berlari cepat karena ditunjang ukuran tubuhnya yang relatif sedang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (8/9/2021), menurut penelitian para ilmuwan terdapat beberapa hewan yang mampu menyamai atau bahkan mengalahkan kecepatan cheetah saat berlari.

Hewan tercepat di dunia

1. Peregrine falcon atau alap-alap kawah (Falco peregrinus)

Menurut Guinness World Records, dilansir dari Live Science melalui KOMPAS.com, Peregrine Falcon atau alap-alap kawah merupakan spesies burung yang memiliki kecepatan terbang yang sangat tinggi.

Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon tercatat memiliki kecepatan terbang hingga 200 mph (322 kilometer per jam).

Alap-alap kawah memiliki panjang sekitar 50 sentimeter dengan bulu berwarna hitam, kelabu, dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip, dan berekor pendek.

Baca juga: Komodo Kini Masuk Daftar Hewan Terancam Punah, Ini Alasannya

Penelitian lain mengatakan bahwa elang peregrine mungkin bisa terbang hingga kecepatan 350 mph (563 kilometer per jam), meskipun para ilmuwan belum memiliki dokumentasi yang memperlihatkan burung itu terbang secepat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.