Covid-19 Varian Mu Terdeteksi di 48 Negara, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 15/09/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi varian Mu masuk dalam daftar Variant of Interest WHO. Varian Mu berasal dari Kolombia, dan varian virus corona baru ini teridentifikasi pertama kali pada Januari 2021. SHUTTERSTOCK/LightspringIlustrasi varian Mu masuk dalam daftar Variant of Interest WHO. Varian Mu berasal dari Kolombia, dan varian virus corona baru ini teridentifikasi pertama kali pada Januari 2021.

KOMPAS.com - Mutasi virus corona SARS-CoV-2 varian Mu dilaporkan telah terdeteksi di 48 negara, bagaimana dengan Indonesia? 

Covid-19 varian Mu (B.1.621) yang pertama kali diidentifikasi di Kolombia, telah menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 30 Agustus 2021.

WHO telah menambahkan varian ini ke daftar Variant of Interest (VOI).

Baca juga: WHO Pantau Varian Mu Covid-19, Apakah Sudah Terdeteksi di Indonesia?

Karakter varian Mu

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers 7 September 2021 mengatakan bahwa ada indikasi karakteristik Mu lebih ganas dibanding Delta. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa hingga saat ini Covid-19 varian Mu belum terdeteksi di Indonesia.

"Belum (terdeteksi)," kata Nadia pada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadia juga mengatakan bahwa varian Mu terdeteksi di 48 negara. Daftar negara yang telah melaporkan kasus varian MU dapat dilihat di Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID).

GISAID adalah bank data yang saat ini mencatat data genom virus influenza termasuk virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Viral, Video Puluhan Monyet Geruduk Pemukiman Warga di Kalsel, Ini Ceritanya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.