Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Gigi Anak Sehat dan Kuat? Hentikan Kebiasaan Buruk Ini

Kompas.com - 27/08/2021, 10:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com -  Pola hidup bersih dan sehat harus diajarkan dan diterapkan sedari dini. Seperti mengajari anak untuk rutin mandi juga membersihkan gigi.

Kesehatan gigi sendiri harus diusahakan sedari anak memiliki gigi susu. Ketika gigi susu sehat, maka rongga mulut akan terjaga dari serangan bakteri dan kuman yang berlebihan.

Ketika gigi susu tak dalam kondisi baik dan menjadi sarang kuman, maka pertumbuhan gigi dewasa akan rawan diserang dan dihinggapi kuman.

Untuk menjaga kesehatan gigi anak sedari dini, biasakan anak menjaga kebersihkan giginya secara rutin. Juga hindari anak memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa berpotensi merusak gigi-gigi kecilnya.

Berikut ini adalah kebiasaan buruk anak yang harus dihentikan agar ia tumbuh besar memiliki kondisi rongga mulut yang bersih terjaga:

Baca juga: Ritual Memutihkan Gigi di Rumah, Mudah dan Praktis

1. Menghisap jempol

Menghisap jempol atau ibu jari adalah kebiasaan yang tumbuh sedari bayi. Bahkan menurut penelitian, kebiasaan ini sudah terjadi ketika bayi masih ada di dalam rahim ibu.

Menghisap jempol adalah kebiasaan yang tumbuh sedari bayi.Unsplash/Martin Dube Menghisap jempol adalah kebiasaan yang tumbuh sedari bayi.
Dilansir dari Times of Indiakebiasaan menghisap ibu jari ini bisa menenangkan bayi.

Namun sayang, jika kebiasaan ini diteruskan hingga bayi beranjak besar, hisapan pada jempol tersebut bisa merusak struktur rahang dan gigi yang ada.

Ketika menghisap jempol, lidah akan menekan gigi depan ketika anak menelan ludahnya. Hal ini bisa membuat formasi gigi depan tak bisa tumbuh dengan presisi.

Jadi sebaiknya orang tua segera menghentikan kebiasaan buruk yang dilakukan para buah hatinya tersebut. Segera tarik jempol dan tangannya ketika mereka mulai menghisap ibu jari mereka.

Baca juga: Sejarah Pasta Gigi, Remukan Cangkang Telur hingga Lahirnya Fluoride

2. Menggigit kuku

Anak-anak terkadang suka menggigit kukunya sendiri, entah ketika menjelang tidur atau di tengah-tengah waktu bermain.

Kebiasaan ini selain merusak kuku, juga bisa merusak gigi. Gigi bisa gampang rapuh dan retak karena menggigiti kuku yang bertekstur keras.

Selain itu, kebiasaan mengigit kuku juga berpotensi melukai gusi. Ketika kuku sobek dan meninggalkan pinggiran tajam, area ini bisa menggesek gusi dan melukai gusi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com