Selama Pandemi, Nenek dan 2 Ekor Kucingnya Ini Tak Dipelihara Negara

Kompas.com - 27/08/2021, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Seorang nenek berusia 89 tahun, Sumirah, hidup sebatang kara ditemani dua ekor kucingnya di Surabaya tanpa bantuan dari pemerintah selama pandemi.

Ia tinggal di rumah indekos berukuran 2x3 meter dan sudah menjadi warga Kota Surabaya sejak 1959. Suaminya, Subaru, meninggal dunia pada tahun 2006 silam.

Ketika Kompas.com mendatangi rumahnya, Selasa (24/8/2021), Sumirah mengaku menggantungkan hidup dari hasil berjualan keripik dan jajanan anak-anak sejak suaminya meninggal dunia. Warga Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal itu tak memiliki keturunan.

Beragam pekerjaan ia lakoni demi menyambung hidup. Mulai menjadi perawat anak-anak, menjadi tukang pijat, hingga berdagang. Sayangnya, kehidupannya tak kunjung membaik.

Untuk membayar sewa indekos sebesar Rp 250.000 per bulan pun, Sumirah tak sanggup. Ia menggantungkan uluran tangan para dermawan yang berasal dari tetangga dan warga sekitar, lalu menggabungkannya dengan uang hasil penjualan keripik.

Penyebabnya; Nenek Sumirah tak pernah mendapat uluran bantuan berupa sembako maupun uang tunai dari perangkat pemerintahan setempat.

Baca juga: Nenek Sumirah, 62 Tahun Jadi Warga Surabaya, Selama Pandemi Tak Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah

Tak masuk daftar penerima bantuan pandemi pemerintah

Selama pandemi Covid-19, baik saat PSBB maupun PPKM saat ini, Sumirah tak pernah mendapat bantuan sekali pun dari RT, RW, kelurahan, hingga kecamatan setempat.

Melihat kenyataan itu, Sumirah mengaku sedih setiap melihat tetangga dan warga lain mengantre bantuan dari pemerintah.

Dia hanya bisa memandangi, sembari berusaha tetap mengucap syukur dalam hati lantaran masih diberi kesehatan hingga saat ini.

"Mulai corona, saya tidak dapat (bantuan) apa-apa, sumpah demi Allah, Nak. Belum pernah juga disenggol (mendapat kabar)," ujarnya. "Saya lihat orang-orang ambil beras dan duit, hati saya menangis, Nak," ujarnya.

Baca juga: Nenek Sumirah Belum Terima Bantuan Pemkot, Anggota DPRD Surabaya: 3 Hari Ini Harus Terealisasi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.