Kompas.com - 15/08/2021, 22:19 WIB
Ilustrasi smartphone dengan kapasitas bateri jumbo. DOK. ShutterstockIlustrasi smartphone dengan kapasitas bateri jumbo.

KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang membuat ponsel menjadi lambat saat dioperasikan, salah satunya akibat kapasitas memori penyimpanan penuh.

Ponsel yang mulanya kosong, lambat-laun menjadi penuh akibat data dari aktivitas penggunaannya.

Lantas bagaimana cara mengatasi memori penuh di ponsel Android?

Menghapus beberapa file atau aplikasi agar memori tidak penuh, cukup memakan waktu. Apalagi, memilih file yang harus dihapus kerap membingungkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori penuh, termasuk menghapus data cache.

Apa itu data cache?

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (10/8/2021), data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang atau tersimpan di memori ponsel.

Baca juga: Harga Oppo A16, Smartphone Terbaru Juli 2021

Setiap aplikasi memiliki file cache yang "memakan" ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache pun akan semakin menumpuk.

Misalnya saja ketika pengguna membuka suatu situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Adapun beberapa aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar antara lain Instagram, Facebook, TikTok, dan aplikasi marketplace, yang ukurannya dapat mencapai ratusan megabyte.

Dengan menyimpannya, sistem tidak perlu mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya, sehingga durasi yang dibutuhkan untuk membuka situs tersebut bisa lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak kuota internet.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.