Kompas.com - 15/08/2021, 22:08 WIB
Foto dirilis Senin (14/9/2020), memperlihatkan seorang anak bertanding membawa pensil yang telah dimasukan ke dalam botol dalam rangka 17 Agustusan di Komplek Grand Cinunuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pandemi Covid-19 nyatanya tak mengurangi semangat warga untuk merayakan HUT Kemerdekaan Ke-75 RI dengan caranya masing-masing. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISIFoto dirilis Senin (14/9/2020), memperlihatkan seorang anak bertanding membawa pensil yang telah dimasukan ke dalam botol dalam rangka 17 Agustusan di Komplek Grand Cinunuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pandemi Covid-19 nyatanya tak mengurangi semangat warga untuk merayakan HUT Kemerdekaan Ke-75 RI dengan caranya masing-masing.

KOMPAS.com - Perayaan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia tahun ini harus kembali diperingati ditengah Pandemi Covid-19.

Biasanya Pada tanggal 17 Agustus, perayaan HUT RI selalu identik dengan perlombaan yang disemarakkan warga.

Lantas, apakah boleh perlombaan 17 Agustus-an digelar selama pandemi?

Lomba boleh secara virtual

Pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengimbau kepada masyarakat untuk menggelar peringatan HUT RI ke-76 RI secara sederhana.

Mengutip Kompas.com, dalam Surat Edaran (SE) Mendagri tentang Pedoman Teknis Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 RI Tahun 2021 pada 10 Agustus 2021 yang ditujukan kepada gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia.

Baca juga: Tito Karnavian: Kalau Mau Lomba Silakan Secara Virtual

Salah satu aturannya ialah melarang warga menggelar acara perlombaan 17 Agustus-an.

"Tidak ada lomba-lomba yang berpotensi menimbulkan kerumunan yang kayak ramai-ramai di kampung, berpotensi terjadi penularan," ucapnya.

Mantan Kapolri itu mengatakan, masyarakat boleh tetap menggelar lomba 17 Agustus namun secara virtual, sehingga penyebaran Covid-19 dapat lebih ditekan.

"Kalau mau lomba silakan secara virtual tanpa mengurangi makna HUT kemerdekan RI 17 Agustus 2021," tegasnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.