Campuran Air Kelapa Muda, Garam, Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan Covid-19, Benarkah?

Kompas.com - 31/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi air kelapa dan kesembuhan pasien Covid-19, manfaat air kelapa. SHUTTERSTOCK/Here AsiaIlustrasi air kelapa dan kesembuhan pasien Covid-19, manfaat air kelapa.

KOMPAS.com - Menjalani isolasi mandiri memang tidak mudah, apalagi di tengah banjir informasi mengenai makanan dan minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi penderita Covid-19.

Tak sedikit hoaks atau informasi menyesatkan yang bertebaran, mengklaim bisa menyembuhkan tanpa jelas kebenarannya. Sanak saudara dan kawan pun berbondong-bondong memberikan saran.

Sebagai masyarakat awam, kita tentu kebingungan mengingat kondisi penderita Covid-19 tak sama. Beda gejala dan daya tahan tubuh, bisa berbeda pula penanganannya.

Salah satu yang marak diperbincangkan saat ini adalah campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam. Pesan ini, beredar di WhatsApp dengan narasi yang meyakinkan. Dilansir dari laman Covid19.go.id, pesan itu berbunyi seperti ini;

"Tolong Infokan kepada saudara, sahabat kita yang terjangkit Covid-19 atau yg akan rapid test dan Swab. Ini obat Herbal yang Manjur sekaligus anugerah dari Allah, yang mudah didapat dan tersedia di lingkungan kita untuk virus covid 19. Bahannya air kelapa muda satu buah, air jeruk nipis satu buah, garam setengah sendok teh, madu dua sendok."

Baca juga: [HOAKS] Covid-19 Disebabkan Bakteri, Bisa Sembuh dalam Waktu 1 Hari

Dari sumber yang sama, informasi itu menyatakan bahwa virus SARS-CoV-2 akan hilang setelah 1 jam mengonsumsi campuran bahan-bahan tersebut. Bahkan hasil tes usap akan menunjukkan hasil negatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyehatkan, tapi bukan untuk Covid-19

 

Faktanya, pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati, menegaskan bahwa klaim campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam tidak bisa secara spesifik menyembuhkan Covid-19.

Dilansir laman resmi UGM, Zullies menyebutkan bahwa air kelapa, jeruk nipis, dan berbagai minuman herbal secara umum boleh diminum oleh penderita Covid-19. "Namun memang tidak secara khusus memberikan efek untuk menghilangkan virus Covid-19,” katanya.

Air kelapa mengandung air, unsur gula, beberapa vitamin, mineral dan asam amino dengan konsentrasi yang kecil. Jadi, secara umum air kelapa menyegarkan dan sehat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.