Disusupi Virus Joker, 8 Aplikasi Android Ini Harus Segera Dihapus

Kompas.com - 31/07/2021, 08:32 WIB
Ilustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android.

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi digital, muncul berbagai macam aplikasi yang menjanjikan kemudahan bagi para pengguna smartphone.

Ada banyak sekali aplikasi dengan kegunaannya masing-masing, yang bisa diunduh pengguna android di Google Play Store. Akan tetapi, tak semuanya berkualitas baik, bahkan beberapa di antaranya membahayakan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (22/6/2021), Periset keamanan dari Quick Heal Security Labs mendeteksi setidaknya delapan aplikasi di Google Play Store yang disusupi virus alias malware Joker.

Meski telah melakukan penyaringan yang ketat, Google Play Store tetap dapat kebobolan sehingga meloloskan aplikasi berbahaya.

Malware atau virus Joker dikenal tangguh karena mampu menemukan celah keamanan Play Store setiap beberapa bulan sekali dengan cara mengubah kode, metode eksekusi, maupun dengan teknik payload-retrieving.

Baca juga: Pentingnya Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM

"Joker adalah spyware trojan yang mencuri data dari perangkat korban, seperti pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat," tulis tim peneliti Quick Heal Security Labs dalam laporannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Virus Joker juga dapat membuat korbannya berlangganan layanan premium berbayar tanpa diketahui.

Dilansir dari The Star melalui KOMPAS.com, berikut ini 8 aplikasi android yang harus segera dihapus karena disusupi malware atau virus Joker.

1. Auxiliary Message

2. Fast Magic SMS

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.