Kompas.com - 29/07/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi overhidrasi Unsplash/Engin AkyurtIlustrasi overhidrasi

KOMPAS.com - Kurang minum menyebabkan dehidrasi. Tapi kebanyakan minum ternyata juga memicu gangguan tubuh yang cukup berbahaya yaitu hiponatremia.

Hiponatremia adalah gangguan elektrolit di dalam tubuh yang terjadi ketika kadar natrium atau sodium dalam darah lebih rendah daripada batas normal.

Gangguan ini bisa terjadi ketika tubuh memiliki banyak sekali kandungan air sehingga melarutkan kadar natrium dalam darah. 

Natrium sendiri bertugas mengendalikan kadar air dalam tubuh, mengatur sistem saraf juga otot, juga menjaga tekanan darah.

Dilansir dari The Healthy, ketika kadar natrium rendah, maka kadar air dalam tubuh akan terus meningkat dan membuat sel-sel membengkak.

Pembengkakan sel ini bisa memicu beberapa gangguan penyakit seperti sakit kepala, kelelahan, kebingungan hingga penurunan kesadaran atau pingsan.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui kalau tubuh terlalu banyak menyimpan air? 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini adalah tanda Anda mengalami overhidrasi:

Baca juga: 8 Cara Sehat Minum Kopi

1. Anda selalu minum meski tidak haus

Ilustrasi minum air putih di pagi hari Ilustrasi minum air putih di pagi hari
Tubuh terbuat dari sistem metabolisme yang berjalan dengan otomatis.

Ketika tubuh butuh zat gula, otak akan memberi alarm jika kita harus mengonsumsi manis. Begitu juga jika tubuh butuh cairan, tubuh akan memerintahkan otak mengeluarkan alarm berupa rasa haus.

Nah ketika Anda selalu minum dan minum meski tubuh tak mengeluarkan alarm haus, bisa jadi Anda tengah menumpuk kadar air terlalu banyak di dalam tubuh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.