Sempat Viral Obat Covid-19, Ada Politikus PDI-P di Balik Ivermectin?

Kompas.com - 24/07/2021, 11:00 WIB
Anggota Komisi IX Ribka Tjiptaning TwitterAnggota Komisi IX Ribka Tjiptaning

KOMPAS.com - Ivermectin sempat viral dan memicu kepanikan masyarakat di tengah upaya mencari obat penyembuh Covid-19. Di balik itu, Indonesia Corruption Watch (ICW) menduga ada keterkaitan produsen obat tersebut dengan politikus PDI-P, Ribka Tjiptaning.

Hubungan antara produsen Ivermectin, PT Hansen Laboratories dengan anggota DPR RI tersebut disampaikan dalam diskusi virtual yang dilaksanakan ICW, Kamis (22/7/2021).

Berdasarkan data ICW, keterkaitan itu berasal dari Riyo Kristian Utomo yang disebut sebagai Direktur Pemasaran PT Harsen Laboratories. "Kami ingin menyoroti, terkait partai politik, dengan PDI-P. Pertama ada nama Riyo Kristian Utomo,” kata peneliti ICW, Egi Primayoga dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/7/2021).

Riyo, kata Egi, tidak tercatat dalam akta perusahaan PT Harsen Laboratories. Namun dalam berbagai pemberitaan dia diketahui sebagai Direktur Pemasaran atau Direktur Marketing PT Harsen.

Posisi tersebut juga tercantum dalam surat permintaan maaf secara terbuka yang dimuat di Harian Kompas edisi Minggu (18/7/2021) halaman 11 dan tertulis atas nama Presiden Direktur PT Harsen Laboratories, Haryoseno.

Baca juga: Sempat Viral Sebagai Obat Covid-19, Produsen Ivermectin Minta Maaf

Ketika polemik penggunaan Ivermectin dalam pengobatan Covid-19 muncul pada awal bulan Juni lalu, nama Riyo sempat ditampik sebagai pengurus PT Harsen Laboratories. Egi menilai hal ini menimbulkan kecurigaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apa yang dia ucapkan di media tidak dianggap sebagai pernyataan resmi PT Harsen Laboratories. Ini menjadi pertanyaan, kenapa PT Harsen harus repot-repot mengklarifikasi (statemen) Riyo, (jika) bukan bagian dari perusahaan mereka?" tanya dia.

Sejauh mana kepentingan politisi?

Hasil penelusuran ICW, pihaknya menemukan bahwa Riyo merupakan anak kandung dari Ribka Tjiptaning. "Setelah kami telusuri Riyo ternyata anak kandung dari Ribka Tjiptaning, politisi PDI-P, anggota DPR RI.”

Ribka sendiri juga menuai kontroversi ketika duduk di Komisi Kesehatan dan menolak vaksin, sehingga belakangan dipindah ke Komisi Energi.

Tak hanya statusnya sebagai ibu kandung Riyo, keterlibatan Ribka dinilai terang lantaran sebuah video. Dalam sebuah video amatir, Ribka muncul sebagai Ketua DPP PDI-P bidang Penanggulangan Bencana (Baguna) yang tengah menerima bantuan dari PT Harsen Laboratories.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.