Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TREN] Alasan Bank Tolak Orang Rimba Menabung Rp 1,5 Miliar | Gejala Varian Baru Covid-19

Kompas.com - 27/06/2021, 06:52 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Editor

KOMPAS.com - Alasan bank menolak orang rimba di Jambi yang menabung Rp 1,5 Miliar menjadi berita yang paling banyak dibaca di kanal Tren, hingga Minggu (27/6/2021).

Kemudian, soal pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah yang disarankan meminum obat dan vitamin untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.

Varian Delta yang disebut dapat menular dengan hanya berpapasan 5-10 detik juga memicu perhatian publik, apakah 3M masih cukup.

Terakhir, soal gejala baru dan cara mencegah 4 varian baru Covid-19.

Berikut berita terpopuler Tren, Sabtu (26/6/2021) hingga Minggu (27/6/2021):

1. Alasan bank tolak orang rimba menabung Rp 1,5 Miliar

Jaelani, salah satu orang rimba di Jambi, ditolak pihak bank di Kota Bangko ketika ia hendak menabung uangnya Rp 1,5 miliar.

Jaelani mengaku ditolak pihak bank karena tidak memiliki KTP dan alamatnya di hutan. Sebab, salah satu persyaratan menabung di bank adalah memiliki KTP.

Ia menyayangkan pihak bank dan terpaksa menyimpan uang sebanyak itu di dalam tanah.

2. Obat Covid-19 bagi pasien isolasi mandiri

Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri tetap harus menjaga kondisi kesehatannya sekalipun tidak merasakan gejala-gejala Covid-19 pada umumnya.

Untuk itu, ketika menjalani isolasi mandiri di rumah, pasien disarankan untuk mengonsumsi vitamin atau pun obat-obatan agar kondisi kesehatan dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Lantas, apa saja obat yang dikonsumsi oleh pasien isolasi mandiri?

3. Varian Delta dapat menular hanya berpapasan

Kepala Petugas Kesehatan Queensland, Dr Jeannette Young mengatakan, varian Delta diindikasi dapat menular melalui kontak singkat. Bahkan, durasi yang diperlukan hanya sekitar 5-10 detik.

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) saja tidak cukup.

4. Gejala baru Covid-19

Muncul berbagai varian baru dari virus SARS-CoV-2 ini. Salah satunya adalah varian Delta yang disebut mampu menginfeksi lebih cepat dari varian sebelumnya.

Pada varian Delta, terdapat juga gejala terbaru Covid-19 yang jarang ditemukan pada pasien positif sebelumnya. Gejala baru ini banyak ditemukan terutama pada pasien berusia muda.

5. Gejala dan cara mencegah varian baru Covid-19

Daftar varian baru Virus Covid-19 dan gejala-gejalanya perlu Anda ketahui agar bisa mencegahnya.

Sebagaimana ramai diberitakan bahwa virus Covid-19 terus bermutasi sehingga memunculkan sejumlah varian baru, dari Alpa, Beta, Delta, dan Delta Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com