Tips Isolasi Mandiri di Tengah Puncak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 19/06/2021, 12:15 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri, siapa saja yang boleh isoman? ShutterstockIlustrasi isolasi mandiri, siapa saja yang boleh isoman?

KOMPAS.com - Angka kasus infeksi virus corona di Indonesia tengah mengalami peningkatan tajam dalam beberapa waktu terakhir.

Ada berbagai penyebab yang menjadi pemicu lonjakan kasus ini.

Penyebab itu di antaranya akumulasi kelalaian masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, kelonggaran kebijakan yang diterapkan pemerintah, dan menyebarkan penularan infeksi dari varian baru yang lebih menular.

Angka keterisian ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit berbagai kota pun turut meningkat tajam.

Baca juga: Dua Peralatan yang Penting Disediakan Saat Isolasi Mandiri Covid-19

Pasien Covid-19 yang layak untuk dirujuk ke rumah sakit adalah mereka yang memiliki gejala berat atau membutuhkan bantan perawatan medis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, penderita yang hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tanpa gejala (OTG) cukup menjalani isolasi, baik di lokasi yang disediakan pemerintah maupun secara mandiri.

Tips isolasi mandiri

Menghindari penuhnya layanan isolasi milik pemerintah di masa-masa sekarang, isolasi mandiri bisa menjadi opsi untuk dilakukan. Ada sejumlah hal yang penting untuk diperhatikan.

Hal ini seperti disampaikan epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, saat dihubungi pada Rabu (16/6/2021).

"Isolasi mandiri seharusnya tidak mandiri. Tapi ya tidak apa-apa lah mandiri, bisa, asal pertama harus dijaga kualitas isomannya ini," kata Dicky.

Menjaga kualitas isolasi mandiri maksudnya memastikan isolasi mandiri benar-benar sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan sehingga membawa dampak baik bagi penderita dan orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Daftar 5 Hotel di Jakarta untuk Isolasi Mandiri dengan Biaya Pemerintah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X