Kompas.com - 06/05/2021, 11:30 WIB
Mengecek pemakaian air di meteran air. Shutterstock/LadyluckMengecek pemakaian air di meteran air.

KOMPAS.com - Jika tagihan air PDAM tiba-tiba melonjak tinggi, maka Anda harus segera memeriksa beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Ada banyak penyebab tagihan air melonjak tinggi. Beberapa kebocoran bisa saja terjadi, atau ada kelalaian dalam membuka dan menutup keran air.

Melansir laman pdamtirtakajen, keluhan tagihan PDAM yang tiba-tiba melonjak tinggi dibanding bulan sebelumnya adalah keluhan yang paling sering disampaikan oleh pelanggan PDAM.

Padahal seringkali, melonjaknya tagihan bulanan untuk pasokan air bersih ini bukan kesalahan dari saluran pipa atau penghitungan meteran air yang dilakukan oleh petugas PDAM.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan cek mendetail soal pemakaian harian dan bulanan dari air PDAM, juga cek sambungan pipa yang ada.

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa menyebabkan tagihan air jadi lebih tinggi dari biasanya:

Baca juga: Cara Mudah untuk Cek dan Bayar Tagihan PDAM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pemakaian tinggi

Pemakaian tinggi ini bisa karena beberapa faktor. Bisa saja karena adanya pertambahan jumlah penghuni rumah karena datangnya tamu, pemakaian air di luar kebiasaan seperti ketika menggelar pesta di dalam rumah, adanya renovasi rumah atau menyuplai air ke pihak lain.

2. Jaringan bocor

Untuk mengecek adanya jaringan atau pipa yang bocor, Anda bisa memeriksa pipa yang masuk ke dalam rumah setelah sambungan meteran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X