Kuota dan Jadwal Ujian Mandiri 2021: Undip, Unair, UI, ITS, dan IPB

Kompas.com - 22/04/2021, 07:00 WIB
Pelaksanaan  UTBK SBMPTN di Universitas Jember  menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Senin (11/4/2021) Kompas.com/Dokumentasi Humas UnejPelaksanaan UTBK SBMPTN di Universitas Jember menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Senin (11/4/2021)

KOMPAS.com - Proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri untuk Tahun Akademik 2021/2022 telah dimulai sejak penyelenggaraan SNMPTN beberapa waktu yang lalu.

Kini, proses seleksi yang tengah berjalan adalah jalur kedua atau SBMPTN. Baik SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Sementara jalur seleksi yang tersisa masuk perguruan tinggi negeri adalah jalur mandiri yang penyelenggaraannya ada di bawah masing-masing kewenangan perguruan tinggi.

Baca juga: Tanya Jawab Panduan bagi Peserta UTBK-SBMPTN 2021 Unpad

Dan berikut ini adalah 5 perguruan tinggi negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri:

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuka jalur mandiri sebagai salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru di Tahun Akademik 2021/2022.

Berdasarkan informasi resmi dari laman Undip, mereka menyediakan 5.089 kursi untuk mahasiswa baru dari jalur ini.

Nantinya, jalur mandiri atau dikenal dengan istilah Ujian Mandiri (UM) juga akan terbagi menjadi dua program: UM Regular (4.686 kursi) dan UM Internasional Undergraduate Program atau IUP (403 kursi).

Selanjtunya, sistem penilaian tidak menggunakan hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun menggunakan hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa.

Baca juga: Ramai soal Mengapa UTBK-SBMPTN 2021 Tidak Ada Susulan, Ini Penjelasan LTMPT

Ujian online akan dilakukan melalui portal yang khhusus dan terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA).

Sementara portofolio yang dimaksud adalah nilai prestasi dari pendaftar mulai semester 1-6 selama duduk di bangku SMA/sederajat ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan UM Undip TA 2021/2022:

  • Pendaftaran: 19 April-17 Juni 2021
  • Ujian online: 21 Juni-3 Juli 2021
  • Pengumuman: 7 Juli 2021

2. Universitas Indonesia (UI)

Ujian mandiri di UI dikenal dengan istilah Simak UI atau Seleksi Masuk UI.

Di tahun ini, UI kembali membuka Simak UI dengan menyediakan 2.675 kuota dari semua program studi yang dibuka di jenjang S1.

Jumlah itu berdasarkan paparan kuota yang dimuat dalam laman resmi Simak UI.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X